Karena semakin banyak orang di dunia tradisional juga masuk ke dunia online
Jakarta (ANTARA) - Google Indonesia mengatakan akan menambah jangkauan kelas pelatihan digital program inisiatifnya, Womenwill dan Gapura Digital, ke lima lokasi baru untuk memperluas upaya meningkatkan kemampuan para pengusaha di bidang digital.

"Karena semakin banyak orang di dunia tradisional juga masuk ke dunia online," kata Managing Director Google Indonesia Randy Jusuf pada acara Peluncuran Grow with Google di Perpustakaan Nasional, Jakarta, Selasa.

Ia mencontohkan salah satu pengusaha perempuan yang berhasil meningkatkan pendapatan setelah mengikuti pelatihan digital Womenwill.

"Ibu Masa adalah pemilik pemilik bisnis perhiasan di Nusa Tenggara Barat. Setelah mengikuti pelatihan Google Womenwill untuk memanfaatkan internet, beliau berhasil meningkatkan pendapatannya dan juga bahkan mendapat order-order dari luar negeri," katanya.

Hal itu menunjukkan bahwa keterampilan digital di era industri 4.0 sangat dibutuhkan.

"Oleh karena itu kami ingin terus mengembangkan pelatihan seperti Womenwill dan Gapura Digital," ujarnya.

Google Indonesia mengatakan bahwa hingga saat ini, mereka telah berhasil melatih 1,5 juta UKM di Indonesia dan bertekad untuk mencapai target pelatihan hingga 2 juta UKM sampai 2021.

Untuk itu, pada April mereka akan menambah jangkauan kelas pelatihan ke lima lokasi baru seperti Banda Aceh, Samarinda, Balikpapan, Pekan Baru dan Kupang.

Dengan penambahan lokasi baru tersebut, inisiatif Womenwill dan Gapura Digital Google Indonesia akan berada di 17 kota yang tersebar di seluruh Indonesia.

"Adanya penambahan lokasi ini membuat kami semakin dekat dengan tujuan dan komitmen kami untuk melatih 2 juta UKM sampai 2021," katanya.

Baca juga: Kebutuhan tenaga mahir teknologi dijawab Google via pelatihan digital
Baca juga: Google prediksi ekonomi digital Indonesia Rp1,7 kuadriliun pada 2025

Pewarta: Katriana
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2020