Tanda kalau enggak cocok, muka terasa ketarik, mulai perih kalau pakai sesuatu
Jakarta (ANTARA) - Komedo yang muncul pada kulit wajah kering, tak muncul begitu saja tetapi ada penyebabnya, salah satunya salah memilih produk pembersih wajah, menurut Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Eddy Karta.

Baca juga: Hilangkan komedo dengan jus lemon

"Terlalu kering bisa karena salah pakai pembersih. (Kulit) lapisan atas kering, lapisan bawah tetap produksi minyak apalagi kita makan makanan manis. Kulit di atas yang seharusnya mengelupas jadi stuck. Minyak jadi komedo. Kering tapi komedoan," ujar dia dalam konferensi pers Senka di Jakarta, Selasa.

Eddy menyarankan Anda bisa memilih produk pembersih wajah sesuai jenis kulit. Pada mereka yang memiliki kulit normal sebaiknya jangan menggunakan produk pembersih wajah untuk kulit berjerawat karena bisa menyebabkan kulit kering.

Selain itu, teliti memeriksa kandungan di dalam produk. Saat ini ada beberapa produk mengandung sejumlah komponen antara lain air, surfaktan agar partikel minyak dan air menyatu, stabilizer, pengawet agar sabun tidak mudah rusak bila ada bakteri, filler untuk mengisi sabun, pewangi dan pewarna.

"Teliti bahan-bahannya cocok enggak buat kita. Tanda kalau enggak cocok, muka terasa ketarik, mulai perih kalau pakai sesuatu," tutur Eddy.

Hal utama dari pembersihan wajah adalah menjaga melembapkan kulit. Jika setelah mencuci wajah, kulit terasa tegang seperti ditarik, kaku dan kesat, tandanya produk yang Anda gunakan hanya membersihkan tetapi tidak mengembalikan kelembapan kulit.

Untuk frekuensi pembersihan, dia menyarankan Anda setidaknya membersihkan wajah dua kali sehari dan bisa lebih dari itu tergantung aktivitas yang dilakukan.

"Normalnya dua kali tapi beda-beda. Bisa 3-5 kali tergantung aktivitas. Pahami aktivitas, kalau lagi bersih pakai pembersih ini, kalau lagi kotor pakai pembersih itu,"


Baca juga: Pemilik kulit sensitif sebaiknya tidak mencoba kosmetik secara berlapis

Baca juga: Benarkah facial ampuh atasi kulit berjerawat?

Baca juga: Ini dia masker antikomedo yang aman

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2020