Lima pasar di Jaksel aman dari produk pangan berbahaya

Lima pasar di Jaksel aman dari produk pangan berbahaya

Petugas Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (Sudin KPKP) Jakarta Selatan melakukan sidak di Pasar Cidodol untuk memastikan keamanan pangan yang beredar di masyarakat, Selasa (18/2/2020) (ANTARA/HO-Kasudin KPKP Jakarta Selatan)

tingkat keamanan 100 persen, aman
Jakarta (ANTARA) - Hasil inspeksi mendadak atau sidak Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (Sudin KPKP) Jakarta Selatan di lima pasar, ternyata tidak ditemukan pangan mengandung bahan berbahaya yang dijual oleh pedagang.

"Dari sekian banyak sampel pangan yang kita ambil hasilnya negatif, tingkat keamanan 100 persen, aman," kata Kepala Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian Jakarta Selatan Hasudungan saat dikonfirmasi di Jakarta, Selasa.

Hasudungan menyebutkan ada lima pasar yang didatangi oleh petugas yakni Pasar Minggu, Pasar Lenteng Agung, Pasar Warung Buncit, Pasar Cidodol dan OTS Transmart Cilandak.

Saat sidak tersebut petugas melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah pangan berasal dari produk pertanian, peternakan dan perikanan.

Baca juga: Jaksel pastikan keamanan pangan di lima pasar

Adapun parameter uji yang digunakan untuk produk pertanian seperti cabai yakni uji pestisida, uji formalin untuk produk perikanan dan peternakan.

"Selain uji formalin, untuk produk peternakan seperti ayam juga dilakukan uji eber atau uji kebusukan," kata Hasudungan.

Adapun rincian hasil sidak yang dilakukan di Pasar Minggu petugas mengambil 28 sampel produk hasil pertanian, delapan sampel produk peternakan dan 23 sampel produk perikanan sehingga total 59 sampel yang diambil.

"Dari 59 sampel yang diuji hasilnya negatif atau aman," kata Hasudungan.

Baca juga: Jakpus temukan pangan Farmer Market tak layak konsumsi

Selanjutnya di Pasar Lenteng Agung petugas mengambil 31 sampel produk hasil pertanian, 12 sampel produk hasil peternakan dan 26 sampel produk hasil perikanan. Hasilnya negatif atau aman.

Hal serupa juga terjadi di Pasar Warung Buncit, dari 65 sampel yang diambil oleh petugas hasilnya negatif.

Berikutnya di Transmart Cilandak, petugas mengambil 59 sampel produk pertanian, peternakan dan perikanan, hasilnya juga negatif.

"Di Pasar Cidodol juga ada 71 sampel pangan yang diambil, hasilnya negatif," kata Hasudungan.

Sudin KPKP Jakarta Selatan mengawali kegiatan pengawasan pangan terpadu 2020 dengan melakukan sidak di lima pasar tersebut.

Baca juga: Menteri Pertanian sidak Pasar Induk Kramat Jati

Sidak pangan tersebut merupakan kegiatan rutin dalam rangka memastikan ketersediaan pangan dari hasil pertanian, kelautan dan peternakan aman dikonsumsi oleh masyarakat.

Sepanjang tahun 2020 dijadwalkan ada 27 kegiatan sidak yang dilakukan oleh Sudin KPKP, pelaksanaannya diagendakan dua hingga tiga bulan sekali.
 

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Pemprov NTB pastikan stok pangan tercukupi selama karantina rumah berlangsung

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar