Banda Aceh (ANTARA) - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Aceh memastikan untuk mengikuti 24 cabang olahraga Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2020 di Provinsi Papua, Oktober mendatang.

Wakil Ketua Umum II Bidang Pembinaan Prestasi KONI Aceh Bachtiar Hasan di Banda Aceh, Selasa, mengatakan 24 cabang olahraga tersebut diikuti 156 atlet.

"Atlet dari 24 cabang olahraga tersebut akan dikirim ke PON Papua setelah setelah mereka dinyatakan lolos prakualifikasi PON dan Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) Sumatra di Bengkulu tahun lalu," kata Bachtiar Hasan, 

Adapun 24 cabang olahraga yakni angkat besi/binaraga, anggar, atletik, muaythai, kempo, tarung derajat, panahan, panjat tebing, taekwondo, renang, wushu, pencak silat, sepak bola, biliar, dan menembak rugby, senam, balap motor, terjun payung, sepak takraw, layar, selam, sepatu roda, dayung.

"Saat ini, pemusatan latihan atlet ditangani pengurus masing-masing cabang yang dibiayai KONI Aceh," kata Bachtiar Hasan yang juga Ketua Pemusatan Latihan Daerah (Pelatda) Atlet PON Aceh.
 
Arsip Foto - Sejumlah atlet dayung memacu perahunya pada perlombaan Perahu Naga di Sungai Krueng Aceh, Desa Lamnyong, Banda Aceh, Aceh, Sabtu (2/11/2019). ANTARA FOTO/Ampelsa/hp.


Belum dipastikan

Selain 24 cabang olahraga tersebut, masih ada atlet Aceh dari empat cabang olahraga lainnya yang lolos PON, namun belum dipastikan apakah dipertandingkan atau tidak di Papua. Empat cabang olahraga tersebut yakni petanque, soft tenis, golf dan balap sepeda.

Empat cabang olahraga tersebut merupakan dari 10 cabang olahraga yang dicoret dari PON Papua. Namun apakah dipertandingkan atau tidak, masih dalam pembahasan KONI Pusat dan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

"Kami berharap cabang olahraga yang sempat dicoret tersebut bisa dipertandingkan di PON. Seperti petanque dan soft tenis merupakan andalan Aceh meraih medali emas," katanya.

Ia mengatakan apabila keputusan ke 10 cabang olahraga tersebut tidak dipertandingkan, maka proyeksi target Aceh di PON Papua dievaluasi kembali.

"Sebelumnya, target Aceh di PON Papua meraih 15 medali emas. Target tersebut melebihi capaian PON 2016 di Jawa Barat dengan delapan medali emas, tujuh perak dan sembilan perunggu," kata Bachtiar Hasan.

Baca juga: Atlet PON Aceh batal latihan ke Tiongkok

Baca juga: Aceh andalkan atletik raih emas di PON 2020 Papua

Baca juga: KONI Aceh minta Anggota DPR kawal persiapan PON 2024

Pewarta: M.Haris Setiady Agus
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2020