Puluhan rumah rusak di Karawang disapu angin puting beliung

Puluhan rumah rusak di Karawang disapu angin puting beliung

Petugas meninjua rumah yang rusak akibat angin puting beliung, Selasa (18/2/2020) ANTARA/Ali Khumaini

Tapi kita masih melakukan pendataan untuk Cilebar
Karawang (ANTARA) - Sekitar 51 unit rumah di Dusun Cibogo, Kecamatan Telukjambe Barat, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, mengalami kerusakan akibat disapu angin puting beliung.

"Sebanyak 51 rumah rusak disapu angin puting beliung. Peristiwa yang terjadi pada Senin (17/2) itu terjadi saat hujan lebat disertai angin kencang," kata Kabid Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karawang Ruchimat di Karawang Selasa.

Baca juga: Puting beliung merusak rumah dan sekolah di Cianjur

Ia mengatakan, dari hasil pendataan BPBD Karawang, angin puting beliung merusak 51 rumah, dan lima rumah di antaranya mengalami rusak berat, tujuh rumah rusak sedang dan sebanyak 39 rumah rusak ringan.

Baca juga: Angin puting beliung hancurkan belasan rumah di Malaka NTT

Selain di Desa Margamulya, bencana angin puting beliung juga merusak sejumlah rumah di wilayah pesisir utara di Kecamatan Cilebar.

"Tapi kita masih melakukan pendataan untuk Cilebar," katanya.

Baca juga: Langkisau robohkan rumah di Desa Cimrutu Cilacap

Ia mengaku masih menunggu pengajuan dari pemerintah desa terkait bantuan logistik. Jika sudah ada pengajuan, pihaknya langsung mendistribusikan bantuan logistik.

Ruchimat mengingatkan agar pada musim hujan seperti saat ini, masyarakat mewaspadai bencana, sebab sejumlah daerah di Karawang rawan bencana alam seperti banjir dan angin puting beliung.

Pewarta: M.Ali Khumaini
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Gelombang pantai selatan masih tinggi hingga 3 hari ke depan

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar