Jakarta (ANTARA) - Erling Haaland mengukir dwigol untuk membawa Borussia Dortmund menang 2-1 atas PSG dalam pertandingan leg pertama 16 besar Liga Champions yang dimainkan di Signal Iduna Park, Dortmund, Selasa (Rabu dini hari WiB).

Pemain 19 tahun itu telah mengemas delapan gol di fase grup saat masih berseragam Salzburg sebelum bergabung dengan Dortmund pada Januari, dan ia meneruskan catatan apik tersebut dengan gol pada menit ke-69 dan 77, demikian catatan laman resmi UEFA.

PSG sempat menyamakan kedudukan melalui gol Neymar pada menit ke-75, namun mereka kemudian harus meninggalkan Jerman dengan kekalahan.

Bintang Brasil Neymar hampir membuka keunggulan untuk timnya pada menit ke-11 melalui tendangan bebas.

Baca juga: Neymar siap perkuat PSG hadapi Dortmund

PSG kemudian mendapatkan tendangan sudut yang justru hampir berbuah gol bagi tuan rumah. Dari tendangan sudut tersebut, Jadon Sancho menginisiasi serangan balik berisi lima pemain namun tembakannya melebar.

Kiper PSG Keylor Navas harus menepis sepakan melengkung Sancho yang kembali mengancam, sebelum Haaland gagal mengarahkan bola dengan sempurna pada peluang pertama miliknya.

Kylian Mbappe dua kali melepaskan tembakan lurus ke arah kiper Roman Burki. Kegagalan PSG memaksimalkan peluang akhirnya harus dibayar dengan gol pembukaan yang dibukukan Haaland.

Baca juga: Dortmund harapkan tulah Haaland di Liga Champions

Gol itu diawali tembakan mendatar Raphael Guerreiro dari umpan tarik Achraf Hakimi yang dapat diblok di depan Navas, namun bola pantul mampu disambar Haaland untuk dikonversi menjadi gol.

PSG seolah tersengat setelah kemasukan. Mereka kemudian menyamakan kedudukan saat Mbappe mengirim umpan kepada Neymar untuk diteruskan masuk ke gawang Dortmund, sekaligus membungkam publik tuan rumah untuk sementara.

Namun Haaland kembali memperlihatkan mengapa Dortmund tertarik merekrutnya. Pemain Norwegia itu membukukan gol keduanya dengan memanfaatkan operan pemain pengganti Giovanni Reyna.

Baca juga: Haaland cetak gol lagi, Dortmund kembali ke jalur kemenangan

Baca juga: Haaland gagal cegah Dortmund terpental dari Piala Jerman


Neymar hampir kembali menyamakan kedudukan untuk PSG saat sepakannya mengenai tiang gawang sembilan menit sebelum peluit panjang berbunyi. Namun Dortmund mampu mempertahankan keunggulan tipis tersebut sampai laga usai.

Susunan pemain seturut laman resmi UEFA:

Borussia Dortmund (4-3-3): Roman Burki, Lukasz Pisczczek, Mats Hummels, Dan Zagadou, Achra Hakimi, Emre Can, Axel Witsel, Raphael Guerreiro, Jadon Sancho (Marcel Schmelzer 90'), Erling Haaland, Thorgan Hazard (Giovanni Reyna 67')

PSG (4-3-3): Keylor Navas, Thomas Meunier, Presnel Kimpembe, Thiago Silva, Layvin Kurzawa, Marco Verratti, Marquinhos, Idrissa Gueye, Angel Di Maria (Pablo Sarabia 77'), Kylian Mbappe, Neymar

Baca juga: Gol cepat antar Atletico menangi leg pertama atas Liverpool

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2020