Saham Australia dibuka turun tertekan sektor teknologi dan perbankan

Saham Australia dibuka turun tertekan sektor teknologi dan perbankan

Dua orang terlihat menggunakan telepon selularnya di antara layar monitor pergerakan harga saham di Australian Securities Exchange (ASX) Sydney, Australia, (8/2/2017). ANTARA/REUTERS/Steven Saphore/aa.

Investor menjauh dari saham dalam perdagangan semalam karena peringatan Apple tentang penurunan permintaan bergema di seluruh dunia.
Sydney (ANTARA) - Saham-saham Australia dibuka lebih rendah pada perdagangan Rabu pagi, tertekan sektor teknologi untuk hari kedua berturut-turut setelah raksasa teknologi AS Apple merilis perkiraan tentang dampak COVID-19.

Pada pukul 10.30 waktu setempat, indeks acuan S&P/ASX 200 turun 5,80 poin atau 0,082 persen pada 7.107,90 poin sedangkan indeks All Ordinaries yang lebih luas turun 6,60 poin atau 0,092 persen pada 7.201,70 poin.

"Investor menjauh dari saham dalam perdagangan semalam karena peringatan Apple tentang penurunan permintaan bergema di seluruh dunia," kata kepala strategi pasar CMC Markets, Michael McCarthy.

Baca juga: Sektor teknologi seret saham Australia dibuka lebih rendah

Saham-saham teknologi dan bank adalah penekan terbesar, mengimbangi apa yang sebagian besar merupakan keuntungan moderat di seluruh pasar. Energi membukukan kenaikan 0,5 persen sementara perawatan kesehatan mendekati satu persen lebih tinggi dan consumer discretionaries meningkat 1,5 persen.

Berkontribusi pada awal yang lambat untuk saham Aussie adalah laporan perusahaan yang jatuh di bawah perkiraan.
"Dua puluh dua dari 200 perusahaan teratas melaporkan keuangannya hari ini. Sepotong dari waktu pasar yang buruk, tiga belas dari enam belas laporan yang dirilis pada saat penulisan ini meleset dari perkiraan konsensus Bloomberg," kata McCarthy.

Di sektor keuangan, bank-bank besar Australia beragam dengan Commonwealth Bank turun 2,69 persen, ANZ naik 0,23 persen, National Australia Bank naik 0,04 persen dan Westpac Bank turun 0,58 persen.

Saham-saham pertambangan juga bervariasi dengan Rio Tinto turun 0,67 persen, Fortescue Metals naik 1,27 persen, BHP turun 1,16 persen dan penambang emas Newcrest naik 3,94 persen.

Produsen-produsen minyak dan gas sebagian besar lebih tinggi dengan Oil Search tidak berubah, Santos naik 0,75 persen dan Woodside Petroleum naik 0,44 persen.

Baca juga: Giliran Australia evakuasi 200 warganya dari Diamond Princess

Supermarket terbesar Australia jatuh dengan Coles turun 3,34 persen dan Woolworths turun 0,28 persen.

Sementara itu raksasa telekomunikasi Telstra turun 0,13 persen, operator nasional Qantas terangkat 1,61 persen dan perusahaan biomedis CSL menguat 1,02 persen.

 

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar