Karena semakin banyak orang di dunia tradisional juga masuk ke dunia online.
Jakarta (ANTARA) -

Beberapa berita ekonomi pada Selasa (18/2) yang masih bisa disimak antara lain pelemahan nilai tukar rupiah akibat dampak wabah virus corona hingga Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko mengatakan Kartu Pra Kerja ditargetkan akan diluncurkan pada April 2020.

Berikut berita ekonomi pilihan Antara tersebut:

1. Rupiah melemah dibayangi kekhawatiran dampak wabah COVID-19

Nilai tukar (kurs) rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta Selasa sore ditutup melemah seiring kekhawatiran pasar terhadap dampak wabah Virus COVID-19.

Rupiah ditutup melemah 34 poin atau 0,25 persen menjadi Rp13.694 per dolar AS dibandingkan posisi hari sebelumnya Rp13.660 per dolar AS.

Berita selengkapnya

Baca juga: Dolar melonjak ke tertinggi 3-tahun, data lemah Jerman tekan euro


2. Kartika Wirjoatmodjo ditetapkan jadi Komut BRI

Kartika Wirjoatmodjo ditetapkan sebagai Komisaris Utama dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) 2020 yang digelar oleh PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) di Jakarta, Selasa.

Tiko yang juga merupakan Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) itu akan mulai mengabdi di BRI untuk menggantikan Andrinof A. Chaniago yang telah menjabat sejak 2017.


Berita selengkapnya

Baca juga: BRI targetkan pertumbuhan kredit hingga 12 persen pada 2020

3. Google akan tambah jangkauan pelatihan digital, target 2 juta UKM 2021

Google Indonesia mengatakan akan menambah jangkauan kelas pelatihan digital program inisiatifnya, Womenwill dan Gapura Digital, ke lima lokasi baru untuk memperluas upaya meningkatkan kemampuan para pengusaha di bidang digital.

"Karena semakin banyak orang di dunia tradisional juga masuk ke dunia online," kata Managing Director Google Indonesia Randy Jusuf pada acara Peluncuran Grow with Google di Perpustakaan Nasional, Jakarta, Selasa.


Berita selengkapnya

Baca juga: Teten dukung Gerakan Papua Muda Inspiratif lahirkan wirausaha di Papua

4. Pemerintah siapkan 60 jenis pelatihan prakerja

Pemerintah menyiapkan sekitar 60 jenis pelatihan bagi peserta program Kartu Pra Kerja untuk mendukung peningkatan keahlian dan keterampilan pencari kerja.

Deputi III Kantor Staf Kepresidenan Denni P Purbasari dalam seminar publik terkait Kartu Pra Kerja di Jakarta, Selasa, menjelaskan pelatihan itu mulai dari teknologi informasi, bahasa hingga kuliner.

"IT (Teknologi Informasi) paling banyak dibutuhkan di Jakarta," katanya.


Berita selengkapnya

Baca juga: Pemerintah seleksi ketat penyelenggara kursus bagi SDM prakerja

5. Moeldoko sebut Kartu Pra Kerja meluncur April, mulai dari Jabodetabek

Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko mengatakan Kartu Pra Kerja ditargetkan akan diluncurkan pada April 2020 yang rencananya dimulai dari kawasan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek).
​​​​​​​
"Kami awali dari Jabodetabek, setelah itu kami segera dapat feedback, dari feedback itu kami segera benahi terus langsung masuk ke daerah lain," katanya ketika menghadiri seminar publik terkait Kartu Pra Kerja di Jakarta, Selasa.

Berita selengkapnya

Baca juga: Ini pendapat Stafsus Presiden Billy Mambrasar soal kartu prakerja

Pewarta: Afut Syafril Nursyirwan
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2020