Anti Hoax

Cek fakta: Gedung tempat isolasi warga China dari virus corona dibakar, benarkah?

Cek fakta: Gedung tempat isolasi warga China dari virus corona dibakar, benarkah?

Petugas medis dengan pakaian pelindung merawat pasien di Pusat Konferensi dan Pameran Internasional Wuhan, yang diubah menjadi rumah sakit sementara untuk menerima pasien dengan gejalan ringan akibat virus novel corona, di Wuhan, provinsi Hubei, China, Rabu (5/2/2020). China Daily via REUTERS/wsj/djo

Jakarta (ANTARA/JACX) - Sebuah unggahan video yang memperlihatkan gedung bertingkat "dilahap" api tersebar di media sosial Facebook pada 15 Februari 2020.

Video berdurasi 20 detik itu dibagikan ulang sebanyak 56 kali hingga Selasa (18/2) malam, serta telah direspon sebanyak 89 pengguna Facebook.

Pada kolom lini masa, sang pemilik akun Facebook turut menambahkan narasi yang menyatakan gedung terbakar di video itu merupakan Hotel Gutian Street yang berlokasi di Wuhan, China, dan terdiri dari 30 lantai.

Hotel tersebut diklaim sebagai tempat isolasi warga China dari virus corona.

Penghuni gedung itu diduga sudah tertular virus Covid-2019 sehingga gedung itu sengaja dibakar.

Dalam unggahan itu, pemilik akun menyebut pula rumah sakit di China sudah tidak mampu menampung korban sehingga pemerintah Wuhan dikabarkan mengurung para penghuni gedung.

Namun, benarkah gedung itu merupakan Hotel Gutian Street dan sengaja dibakar seperti yang diklaim pengguna Facebook itu?
 
Tangkapan layar hoaks virus corona (Facebook.com)


Penjelasan:
Penelusuran ANTARA menemukan video tersebut pernah dimuat di situs Reddit.com, yakni situs komunitas dan para penggunanya dapat mengunggah video maupun tulisan mereka.

Dalam keterangan unggahannya, pemilik video di Reddit.com memaparkan gedung tingkat yang terbakar itu merupakan bangunan yang berada di kawasan The California Garden, di Chongqing, China.

Media China CGTN.com, dalam berita berjudul "Fire put out at high-rise resdential building in SW China" yang dipublikasikan pada 2 Januari 2020, turut memuat gambar gedung terbakar sebagaimana video unggahan pengguna Facebook.

Dalam berita itu disebutkan, kebakaran pada 1 Januari 2020 tersebut membuat lebih dari 260 orang dievakuasi. Selain itu, gedung yang "dilahap si jago merah" itu, diterangkan sebagai bangunan tempat tinggal yang terdiri dari 30 lantai dan berlokasi di Distrik Yubei, Chongqing.

Sementara itu, data yang didapat dari id.cutway.net, menunjukkan Wuhan dengan Chongqing memiliki jarak sejauh 886 kilometer dengan waktu tempuh 10 jam dan 23 menit.

Dengan demikian, disimpulkan gedung terbakar itu bukanlah Hotel Gutian Street yang berlokasi di Wuhan, China. Video yang diunggah pemilik akun Facebook itu pun telah ditambahkan keterangan salah atau narasi yang menyesatkan.

Klaim : Gedung tempat isolasi warga China dari virus corona dibakar
Rating : Salah/Disinformasi

Cek fakta: Pasien terjangkit virus corona di RSUP Haji Adam Malik Medan, benarkah?

Cek fakta: Benarkah tujuh orang penumpang Lion Air terinfeksi corona?


Baca juga: Pengamat: Dampak corona terhadap ekonomi hanya di semester I/2020

Pewarta: Tim JACX
Editor: Imam Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Pemprov Riau terima bantuan 8500 APD dan 4800 alat rapid test

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar