Puluhan rumah warga Gunungsitoli rusak akibat puting beliung

Puluhan rumah warga Gunungsitoli rusak akibat puting beliung

Sejumlah warga berada di sekitar rumah-rumah yang rusak akibat angin kencang di Kota Gunungsitoli, Rabu dini hari. ANTARA/Irwanto

Saat ini kita bisa memberikan bantuan, tetapi jumlahnya tidak memadai, sehingga kita harus berkoordinasi untuk menentukan bencana yang terjadi sebagai bencana daerah
Gunungsitoli (ANTARA) - Puluhan rumah warga di Kota Gunungsitoli, Provinsi Sumatera Utara rusak akibat terjangan puting beliung, Rabu, sekitar pukul 00.30 WIB.

"Saat ini kita masih melakukan pendataan dan melalukan koordinasi untuk menentukan apakah bencana yang terjadi dapat dikategorikan sebagai bencana daerah," ujar Kepala Dinas Sosial Kota Gunungsitoli Kasieli Zega di Gunungsitoli, Rabu.

Ia mengatakan penentuan bencana sebagai bencana daerah dilakukan untuk bisa memberikan bantuan lebih baik kepada para korban sesuai kriteria kerusakan yang terjadi.

"Saat ini kita bisa memberikan bantuan, tetapi jumlahnya tidak memadai, sehingga kita harus berkoordinasi untuk menentukan bencana yang terjadi sebagai bencana daerah," katanya.

Baca juga: Puluhan rumah rusak di Karawang disapu angin puting beliung

Camat Gunungsitoli Mario Zebua mengatakan ada empat desa di wilayah itu yang terkena dampak puting beliung.

Desa yang kena dampak dan rumah warga setempat yang rusak di Desa Moawo, Saewe, Hilihao, dan Kelurahan Ilir.

"Saat ini kita masih melakukan pendataan rumah warga yang rusak dan warga yang terluka akibat dampak angin puting beliung," kata dia.

Sesuai data sementara dari Camat Gunungsitoli, rumah yang rusak di Kelurahan Ilir tiga unit, Desa Moawo (32), Desa Saewe (20), dan Desa Hilihao (10).

Ia menyebut tidak ada korban jiwa akibat bencana alam itu, sedangkan tentang jumlah korban luka masih dalam pendataan petugas di lapangan.

Baca juga: Langkisau robohkan rumah di Desa Cimrutu Cilacap
Baca juga: Angin puting beliung hancurkan belasan rumah di Malaka NTT

Pewarta: Juraidi
Editor: M. Hari Atmoko
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Angin puting beliung rusak puluhan rumah di Aceh Utara 

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar