Wabup ingin Wondama siapkan SDM pariwisata berkompetensi

Wabup ingin Wondama siapkan SDM pariwisata berkompetensi

Wakil Bupati Teluk Wondama, Paulus Indubri saat membuka Musrenbang Distrik Rasiei belum lama ini. ANTARA/Toyiban

Orang Wondama harus sekolah bagus. Mau bicara banyak tentang pembangunan, tidak bisa kalau tidak sekolah. Saya harap Dinas Pendidikan lebih cerdas. Jangan biarkan masyarakat kita tumbuh dalam kebutaan, tidak tahu baca, tidak tahu hitung , tidak tahu
Manokwari (ANTARA) - Wakil Bupati Teluk Wondama, Papua Barat, Paulus Indubri menginginkan daerah itu bergegas menyiapkan sumber daya manusia (SDM) bidang pariwisata yang berkompetensi.

Di Wasior, Rabu, Indubri menyatakan, upaya pengembangan sektor pariwisata dan kelautan yang menjadi potensi unggulan Teluk Wondama sejauh ini belum maksimal. Kesiapan sumber daya manusia dinilai sebagai salah satu persoalan krusial yang patut menjadi perhatian.

"Kita punya SDM belum mendukung pengembangan potensi daerah terutama pariwisata, termasuk SDM masyarakat lokal. Ke depan yang penting itu bagaimana kita siapkan daya saing, kompetensi dan kapasitas kita karena orang akan bergerak ke wilayah pesisir ini,“ kata Indubri.

Menurut Indubri, bagian penting yang tidak boleh diabaikan dalam perencanaan pembangunan ke depan adalah mempersiapkan SDM anak-anak Wondama sendiri.

Pembangunan SDM harus dilakukan secara serius dan berkelanjutan sehingga pada akhirnya bisa menghasilkan generasi penerus Wondama yang unggul dan memiliki daya saing tinggi.

“Orang Wondama harus sekolah bagus. Mau bicara banyak tentang pembangunan, tidak bisa kalau tidak sekolah. Saya harap Dinas Pendidikan lebih cerdas. Jangan biarkan masyarakat kita tumbuh dalam kebutaan, tidak tahu baca, tidak tahu hitung , tidak tahu tulis dan tidak tahu menyanyi," kata orang nomor dua Wondama ini.

Dia berharap dari forum Musrenbang distrik dan selanjutnya musrenbang tingkat kabupaten dapat dirumuskan prioritas-prioritas pembangunan yang mengarah pada peningkatan kompetensi dan daya saing orang Wondama ke depan. Lebih khusus pada sektor prioritas seperti pariwisata dan kelautan.

“Karena itu kepala OPD harus berpikir cerdas dan kritis. Upayakan semua anak harus sekolah. Upayakan anak dan ibu itu sehat. Upayakan kematian bayi terus ditekan dan kesehatan ibu didorong terus naik. Saya harap kita mulai ini dengan baik supaya kabupaten ini bisa menjadi mandiri ke depan,“ kata lulusan Universitas Cenderawasih Jayapura ini.

Teluk Wondama merupakan daerah kepulauan yang berada di kawasan Taman Nasional Teluk Cenderawasih. Dua pertiga kawasan taman nasional tersebut berada kabupaten ini sisanya ada di Kabupaten Nabire dan Manokwari Selatan.

Potensi perikanan dan pariwisata merupakan perimadona yang selama ini terus dijaga di kawasan tersebut. Selain Balai Besar Taman Nasional Teluk Cenderawasih Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, WWF pun turun tangan membina masyarakat menjaga alam.

Baca juga: Festival Pariwisata Pulau Roon akan kembali digelar 2020

Baca juga: Kembangkan pariwisata, pemuda Wondama dibekali kemampuan jurnalistik


Baca juga: Arkeologi Papua BP4D Teluk Wondama temukan Situs Korbiena

Baca juga: Arkeologi Papua temukan Situs Triton di Teluk Wondama


 

Pewarta: Toyiban
Editor: Ahmad Buchori
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Pandemi Covid-19 Pemda Raja Ampat tutup seluruh objek wisata

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar