TB Silalahi: Karakter fondasi utama kemajuan bangsa

TB Silalahi: Karakter fondasi utama kemajuan bangsa

TB Silalahi menjelaskan tantangan generasi muda di era revolusi industri 4.0 dalam seminar kebangsaan, Bandarlampung, Rabu 19/02/2020 (ANTARA/Ruth Intan Sozometa Kanafi)

Bandarlampung (ANTARA) - Jendral (Purn) TB Silalahi mantan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara di era Soeharto mengingatkan pentingnya pembentukan karakter, sebagai fondasi utama kemajuan bangsa.

"Memiliki karakter yang baik merupakan hal pokok yang harus dimiliki setiap generasi muda, sebab karakter menjadi fondasi utama kemajuan bangsa, " ujar mantan Dewan Pertimbangan Presiden (Watimpres) era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Jendral (Purn) TB Silalahi, di Bandarlampung, Rabu.

Ia mengatakan, di era revolusi industri 4.0 tantangan yang harus dihadapi generasi muda semakin canggih dan sulit, sesuai dengan kemajuan teknologi dan perubahan lingkungan strategis.

"Kita membutuhkan generasi muda yang baik untuk menjawab dan menerima tantangan di era modern seperti saat ini, salah satu caranya dapat dilakukan melalui pendidikan," katanya.

Baca juga: BLK komunitas lengkapi "soft skill" dan pendidikan karakter

Baca juga: Psikolog: Pola asuh anak dimulai dari ibu yang bahagia

Baca juga: Akademisi: Ibu berperan penting mendukung pendidikan karakter


Menurutnya, melalui pendidikan kemajuan bangsa dapat tercapai, sebab generasi muda akan dilatih lebih cepat, gesit, cerdas, serta berkarakter.

"Di era revolusi industri 4.0 generasi muda harus cepat, gesit, kolaboratif, cerdas dalam artian bukan hanya keilmuan, namun ada kreasi serta inovasi dan memiliki karakter, semua itu dapat dilakukan melalui institusi pendidikan di bawah pengawasan Kementerian Pendidikan, " katanya.

Hal serupa juga disampaikan oleh perwakilan organisasi keagamaan Majelis Umat Kristen Indonesia (MUKI)

"Kami selalu berbicara mengenai keumatan, namun pada hari ini bersama instansi pendidikan serta seorang tokoh nasional, bekerja sama untuk membangun karakter bagi generasi muda agar lebih siap menghadapi tantangan di era modern, " ujar salah seorang pengurus MUKI, Agus Wongkar.

Menurutnya, membangun karakter yang baik dapat dilakukan dengan membentuk pemahaman yang baik akan Pancasila.

"Kekuatan kebersamaan di tengah keberagaman serta pemahaman Pancasila yang baik, dapat menjadi bekal membentuk karakter yang baik bagi generasi muda di tengah masyarakat, sehingga kemajuan Bangsa Indonesia dapat dicapai, " katanya.*

Baca juga: Penguatan karakter anak tantangan pada era digital, sebut akademisi

Baca juga: DPR: Pendidikan karakter Pancasila akan dimulai sejak PAUD

Baca juga: Menko PMK tekankan pendidikan karakter untuk perkuat toleransi

Pewarta: Ruth Intan Sozometa Kanafi
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Pentingnya pendidikan karakter bagi anak perempuan

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar