Kemensos fokus dukung kewirausahaan dalam pemberdayaan sosial

Kemensos fokus dukung kewirausahaan dalam pemberdayaan sosial

Menteri Sosial (Mensos) Juliari Peter Batubara dalam Rapat Koordinasi Program Pemberdayaan Sosial Tahun 2020 di Jakarta, Rabu (19/2/2020). (ANTARA/Katriana)

Jakarta (ANTARA) - Kementerian Sosial fokus mendukung kewirausahaan dalam program pemberdayaan sosial yang dinilai lebih tepat untuk menanggulangi persoalan kemiskinan.

"Kewirausahaan sosial untuk pemberdayaan warga-warga yang tadinya menerima manfaat, nanti mendapatkan bantuan kewirausahaan sosial," kata Menteri Sosial
Juliari Peter Batubara dalam Rapat Koordinasi Program Pemberdayaan Sosial Tahun 2020 di Jakarta, Rabu.

Mensos mengatakan warga yang masih memerlukan bantuan sosial, akan terus dibantu. Namun, bantuan tersebut, katanya, hanya bersifat sementara.

"Jangan sampai bapaknya dapat (bantuan), anaknya juga dapat. Kita tidak mau mewariskan kemiskinan. Yang harus kita wariskan adalah kemandirian," katanya.
Baca juga: Mensos minta perkuat riset program pemberdayaan sosial

Oleh karena itu, alih-alih menambah bantuan sosial, Kemensos akan lebih fokus meningkatkan program pemberdayaan sosial agar masyarakat yang sebelumnya bergantung pada bantuan sosial menjadi lebih berdaya melalui bantuan kewirausahaan.

Sementara itu, Direktur Jenderal Pemberdayaan Sosial Pepen Nazarudin mengatakan bantuan kewirausahaan sosial tersebut akan diberikan kepada warga yang berada dalam tahap graduasi, yaitu mereka yang sebelumnya tidak mampu menjadi lebih mampu setelah mendapatkan bantuan sosial Kemensos.

"Yang graduasi langsung kita berdayakan. Jadi sebagian ada yang langsung mendapatkan KUR (Kredit Usaha Rakyat), pendanaan dari Mekaar (Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera), Ultra Mikro (UMi), sebagian kita beri dukungan wirausaha, yang bekerja dengan inkubasi bisnis," katanya.
Baca juga: Menko PMK: Perkuat terus program berbasis pemberdayaan sosial

Pepen memperkirakan penerima Program Keluarga Harapan (PKH) yang akan berada dalam tahap graduasi tahun ini adalah sekitar 2 juta orang, dengan sekitar 16 di antaranya akan diikutsertakan dalam program kewirausahaan sosial khusus dan sekitar 22 ribu akan diikutkan dalam program Kelompok Usaha Bersama (KUBE).

"Pokoknya dari seluruh total PKH graduasi itu kurang lebih sebagian kita ikutkan wirausaha, karena sebagian juga, ketika mereka sudah lepas PKH ada yang sudah mendapat KUR karena sudah punya rintisan usaha. Jadi kewirausahaan sosialnya hanya memperkuat saja," katanya.

Pada akhirnya Kemensos berharap program pemberdayaan sosial itu dapat meningkatkan kemandirian masyarakat dan menjadi lebih berdaya.
Baca juga: Kemensos akan tingkatkan bantuan program pemberdayaan sosial

Pewarta: Katriana
Editor: Muhammad Yusuf
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Sheltered workshop bagi penyandang disabilitas terdampak pandemi

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar