Mensos optimistis dukungan usaha bantu rakyat atasi gejolak global

Mensos optimistis dukungan usaha bantu rakyat atasi gejolak global

Menteri Sosial Juliari P Batubara (kiri) menerima cendera mata dari Dirut Perum LKBN ANTARA Meidyatama Suryodiningrat (kanan) saat berkunjung ke Kantor Redaksi ANTARA di Jakarta, Rabu (19/2/2020). ANTARA FOTO/Galih Pradipta/wsj/pri.

Jakarta (ANTARA) - Menteri Sosial (Mensos) Juliari Peter Batubara optimistis dukungan kewirausahaan dalam program pemberdayaan sosial Kementerian Sosial dapat membantu mengurangi dampak dari gejolak global terhadap angka kemiskinan di Indonesia.

"Kuncinya adalah pengendalian inflasi," kata Mensos saat berkunjung ke redaksi Kantor Berita ANTARA di Jakarta, Rabu.

Baca juga: Kemensos harus lebih agresif tangani kemiskinan, kata Juliari Batubara

Ia mengatakan gejolak global, salah satunya akibat wabah virus corona, telah memengaruhi perekonomian dunia, termasuk juga Indonesia.

Upaya mitigasi yang dilakukan untuk mengendalikan penyebaran virus memaksa pemerintah dan perusahaan melakukan pembatasan ekspor dan impor, yang lebih jauh menyebabkan inflasi.

Baca juga: Mensos: Pengendalian penduduk faktor penting penanganan kemiskinan

Menurut dia, dampak inflasi tersebut sangat dirasakan oleh rakyat miskin karena mereka yang paling kesulitan ketika harga-harga barang mengalami kenaikan.

"Inflasi sangat dirasakan oleh rakyat miskin," katanya.

Oleh karena itu, menurut dia, kombinasi pengendalian inflasi makro ekonomi yang bagus dan juga program-program Kemensos yang sifatnya bantuan dan pemberdayaan dapat mengurangi dampak dari gejolak global tersebut terhadap tingkat kemiskinan.

Dengan bantuan sosial dan dukungan kewirausahaan, masyarakat dilatih untuk berwirausaha sehingga pada akhirnya menjadi mandiri dan lebih berdaya secara ekonomi.

Kemandirian rakyat secara ekonomi itu pada akhirnya diharapkan dapat mengurangi angka kemiskinan dan juga membantu upaya pengendalian dampak ekonomi akibat krisis global.

Baca juga: Mensos akan bekerja sama dengan Kemendagri dan Kemendes soal data
Baca juga: Ini solusi Mensos supaya 19,9 juta peserta BPJS PBPU-BP layak jadi PBI

Pewarta: Katriana
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Mensos minta kepala daerah berikan bansos bagi yang terdampak COVID-19

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar