Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 22 penyandang disabilitas mengikuti tes Seleksi Kemampuan Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019 tingkat Provinsi DKI Jakarta di Jakarta Selatan.

Kepala Suku Badan Kepegawaian Jakarta Selatan, Heri Dianto saat dikonfirmasi Rabu mengatakan, tes SKD CPNS 2019 untuk peserta disabilitas dilaksanakan pada Sabtu (22/2) dan Minggu (23/2).

"Untuk peserta tes penyandang disabilitas waktunya terpisah dengan peserta umum, mereka dijadwalkan ikut tes di hari Sabtu dan Minggu, jumlahnya ada 22 orang," kata Heri.

Peserta tes SKD CPNS 2019 Provinsi DKI Jakarta di wilayah Jakarta Selatan berjumlah 13.728 orang. Tes berlangsung selama sepekan dari tanggal 17 Februari hingga 23 Februari 2020.

Tes dilaksanakan setiap harinya sebanyak lima sesi dimulai dari jam 08.00 sampai dengan 17.30 WIB, setiap sesi diikuti 400 peserta sehingga total satu hari ada 2.000 peserta.

Baca juga: 121 peserta tak hadiri hari pertama tes CPNS
Baca juga: Ribuan peserta ikuti tes CPNS di Kantor Wali Kota Jaksel


Tes dilaksanakan menggunakan metode "computer asisted" Tes Badan Kepegawaian Negara. Suban Kepegawaian menyiapkan 440 laptop untuk peserta tes.

Menurut Heri, untuk peserta disabilitas akan disediakan perangkat khusus seperti komputer breiler untuk tuna netra. "Karena peralatannya terbatas makanya harinya dipisah," kata Heri.

Pelaksanaan tes SKD CPNS 2019 tingkat Provinsi DKI Jakarta dilaksanakan di tiga lokasi yakni di Kantor Wali Kota Jakarta Selatan, Kantor Wali Kota Jakarta Barat dan Kantor Wali Kota Jakarta Timur.

Adapun peserta tes adalah pelamar yang nomor register dan atau nomor ujian dan namanya tercantum dan merupakan peserta yang dinyatakan memenuhi syarat untuk mengikuti SKD pengadaan CPNS di lingkungan Pemprov DKI Jakarta.

BKD Provinsi DKI Jakarta mencatat pelamar CPNS DKI Jakarta pada 2019 tercatat 50.528 pelamar, peserta yang dinyatakan lolos administrasi dan memenuhi syarat sebanyak 41.217 orang, sisanya 9.311 tidak lolos.

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2020