Penetapan Geopark Gorontalo diharapkan bisa ditunjang Gorontalo Utara

Penetapan Geopark Gorontalo diharapkan bisa ditunjang Gorontalo Utara

Wakil Bupati Gorontalo Utara Thariq Modanggu, Rabu (19/2/2020) memimpin pertemuan sinergi program dan kegiatan pengembangan Geopark Gorontalo Utara di Kantor Bappeda setempat. Kegiatan itu dihadiri pihak Bappeda Provinsi Gorontalo dan tim pakar Universitas Negeri Gorontalo, juga para kepala OPD setempat. (FOTO ANTARA/Susanti Sako)

Kita memiliki lebih dari 20 geosite yang dapat menunjang terealisasinya Geopark Gorontalo, termasuk keinginan ditetapkannya Geopark Gorontalo Utara setelah Bappenas melihat potensi-potensi taman bumi yang ada di kabupaten ini
Gorontalo (ANTARA) - Wilayah Kabupaten Gorontalo Utara yang ada di pesisir utara Provinsi Gorontalo diharapkan mampu menunjang penetapan Geopark Gorontalo sebagai salah satu Geopark Nasional, kata Wakil Bupati Gorontalo Utara Thariq Modanggu

"Saya bangga, kita memiliki lebih dari 20 geosite yang dapat menunjang terealisasinya Geopark Gorontalo, termasuk keinginan ditetapkannya Geopark Gorontalo Utara setelah Bappenas melihat potensi-potensi taman bumi yang ada di kabupaten ini," katanya di Gorontalo, Rabu.

Ia mengatakan Pemerintah Kabupaten GorontaloUtara juga sudah duduk bersama dengan pihak Bappeda Provinsi Gorontalo dan para tim pakar Universitas Negeri Gorontalo (UNG), dalam rangka sinergi program dan kegiatan pengembangan Geopark Gorontalo Utara, di ruang pertemuan kantor Bappeda setempat.

Meski pihak Bappenas dan tim pakar UNG menyatakan daerah ini layak menjadi kawasan geopark, namun pemkab masih akan melakukan kajian yang lebih komprehensif.

Khususnya penyiapan data-data dari seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) yang akan mengkaji secara teknis melalui riset dan penelitian tentang potensi wisata alam yang ada di kabupaten ini.

Wabup mengaku, sudah membahasnya dengan bidang penelitian dan pengembangan Bappeda setempat untuk menganggarkan riset terkait potensi-potensi geosite yang dimiliki.

"Akhir tahun 2020 kita targetkan sudah mengajukan data hasil penelitian ke pihak Bappeda Provinsi Gorontalo, dalam rangka mempermudah penetapan Geopark Gorontalo, termasuk Geopark Gorontalo Utara yang diyakini memenuhi lebih dari 20 unsur geosite," katanya.

Ia menambahkan pemkab sangat bersemangat dalam penetapan Geopark Gorontalo, juga Geopark Gorontalo Utara, sebab sebuah konsep manajemen pengembangan suatu kawasan -- dengan luas tertentu atau minimal 200 hektare --  akan berkelanjutan dan mampu memadukan tiga keanekaragaman alam, yaitu geologi (geodiversity), hayati (biodiversity) dan budaya(cultural diversity).

"Kita memiliki tiga keanekaragaman tersebut, saya yakin seyakin-yakinnya, penetapan Geopark Gorontalo Utara akan terwujud dan akan sangat mempercepat penetapan Geopark Gorontalo," katanya.

Di samping itu, katanya, Geopark Gorontalo Utara akan berdampak pada pembangunan sektor pariwisata sesuai visi-misi pemerintah daerah. "Sehingga juga mampu signifikan memajukan kabupaten ini, yang akan bermuara pada kesejahteraan masyarakat," katanya.

Sedini mungkin, kata dia, Pemkab akan mengedukasi masyarakat tentang apa itu Geopark dan dampak besarnya bagi kemajuan daerah di seluruh sektor pembangunan yang digerakkan.

"Kuncinya, seluruh OPD harus mau dan mampu bekerja sama, sebab keinginan ini akan sulit terwujud jika kita tidak membangun komitmen bersama," demikian Thariq Modanggu.

Baca juga: Bappenas sebut geopark sangat layak ada di Gorontalo

Baca juga: Jumlah geopark nasional bertambah delapan

Baca juga: Indonesia promosi geopark di konferensi UNESCO

Pewarta: Susanti Sako
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar