Formula 1

Russell rasakan peningkatan performa mobil baru Williams di Barcelona

Russell rasakan peningkatan performa mobil baru Williams di Barcelona

George Russell menjalani sesi tes pramusim di Sirkuit Barcelona-Catalunya, Spanyol, Rabu (19/2/2020) (Twitter.com/WilliamsRacing)

Jakarta (ANTARA) - Pebalap tim Williams George Russell merasakan kemajuan yang cukup pesat dengan mobil barunya FW43 ketika menjalani hari pertama sesi tes pramusim Formula 1 di Sirkuit Barcelona-Catalunya, Spanyol, Rabu.

Russell, yang menjalani debut sebagai rookie dengan Williams tahun lalu, menunjukkan tanda-tanda kepercayaan dirinya kembali setelah mimpi buruk musim lalu di mana timnya finis peringkat terakhir dengan raihan hanya satu poin.

Baca juga: Williams mencoba bangkit dari mimpi buruk musim 2019

Tahun lalu Williams juga melewatkan dua hari pertama tes pramusim di Barcelona karena pengembangan mobil mereka belum selesai.

"Pastinya pengendalian secara umum dari mobil ini jauh lebih baik," kata pebalap asal Inggris berusia 22 tahun itu setelah menjalani sesi pagi tes di Barcelona.

"Dari lap pertama hari ini aku memiliki kepercayaan diri untuk mendorong mobil hingga batasnya di mana tahun lalu tak terasa enak di lap-lap awal. Mengendarai (mobil) tahun lalu cukup menakutkan di putaran pembuka dan susah membangun keyakinan diri."

Russel di sesi pagi mencatakan waktu satu menit 18,168 detik menggunakan ban kompon lunak, lebih cepat 0,9 detik dari waktu yang ia torehkan di sesi kualifikasi Grand Prix Spanyol di sirkuit yang sama pada Mei tahun lalu.

Baca juga: Williams hadir dengan warna baru

Vallteri Bottas dari tim Mercedes menjadi pebalap tercepat sesi pagi dengan waktu satu menit 17,313 detik.

Di kesempatan yang pertama itu, Russell melahap 73 putaran, lebih banyak dari jumlah lap dalam satu balapan, dan finis peringkat enam tercepat dari 10 pebalap sebelum jeda makan siang.

"Mobil yang enak dikendarai adalah mobil yang cepat... tak peduli bagaimana kalian menjalani putaran selama dia cepat. Itu yang penting.

"Terdapat perbaikan di area itu dan sekarang kami tinggal melihat apakah kami bisa menghasilkan downforce yang cukup di mobil ini untuk bertarung dengan yang lain.

Bagi Russell, FW43 tampak mengalami peningkatan dari pendahulunya, dengan desain yang lebih baik dan suku cadang yang tepat.

"Aku kira setiap orang puas berada di situasi sekarang. Semua orang sedikit kecewat tahun lalu karena tak bekerja karena tak ada mobil di sini.

"Tahun lalu adalah pembangunan karakter tapi aku yakiin kami bisa membalap tahun ini dan bisa sedikit bersenang-senang dari apa yang kami lakukan tahun lalu. Itu yang kami tunggu-tunggu."

Baca juga: Hari ini, Formula 1 jalani tes pramusim di Barcelona
Baca juga: Luncurkan RP20, Racing Point ingin dominasi papan tengah
Baca juga: Grand Prix Vietnam digelar sesuai jadwal meski corona bikin gelisah

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Gilang Galiartha
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar