Jakarta (ANTARA) - Tendangan penalti yang dieksekusi dengan baik oleh Timo Werner mengantarkan RB Leipzig mencuri kemenangan 1-0 atas Tottenham Hotspur dalam leg pertama babak 16 besar Liga Champions di Stadion Tottenham Hotspur, London, Inggris, Rabu waktu setempat (Kamis WIB).

Berawal dari upaya Konrad Laimer mengejar bola yang datang dari sisi kiri lapangan, ia dijatuhkan oleh Ben Davies di dalam kotak penalti sehingga memaksa wasit Cuneyt Cakir menunjuk titik putih dan menghadiahi tendangan 12 pas bagi tim tamu.

Kesempatan itu dimanfaatkan sempurna oleh Werner, kendati kiper Hugo Lloris bisa menebak arah eksekusi penalti tetapi ia tak mampu menjangkau derasnya bola yang menghujam ke pojok kiri bawah gawang, demikian catatan laman resmi Liga Champions.

Baca juga: Werner ingin perlihatkan jati diri Leipzig di Tottenham

Baca juga: Hantam Valencia, Atalanta lanjutkan debut cemerlang di Liga Champions

Gol itu menandai penampilan pertama Leipzig di babak gugur Liga Champions dengan kemenangan dan catatan nirbobol di laga tandang, hanya saja mungkin manajer Julian Nagelsmann berharap timnya bisa meraih skor lebih meyakinkan mengingat kendali permainan hampir mereka kuasai penuh, kecuali dalam 20 menit akhir.

Baru semenit laga berjalan, publik tuan rumah segera diberi alarm tanda bahaya ketika Werner melepaskan tembakan jarak dekat yang bisa dihalau barisan pertahanan Tottenham dan bola liar disambar oleh Angelino hanya untuk dimentahkan tiang gawang.

Lantas sesaat setelah gol penalti Werner, Leipzig punya peluang menggandakan keunggulan melalui umpan tarik Angelino yang disambut Patrik Schick tetapi ia gagal menaklukkan Lloris.

Sebuah tendangan bebas yang dieksekusi Giovani Lo Celso pada menit ke-72 menandai kebangkitan Tottenham dalam 20 menit terakhir pertandingan, tetapi kiper Peter Gulacsi masih bisa menjangkau bola untuk ditepis dan membentur ke tiang gawang.

Kendati terbilang tampil lebih baik pada fase-fase akhir laga tersebut, Tottenham hanya punya satu peluang berbahaya lagi yakni sundulan Lucas Moura yang melambung di atas mistar gawang karena ia tidak terlalu siap menyambut umpan silang Davies semenit jelang bubaran.

Skor 1-0 tak berubah hingga peluit akhir memberikan Leizpig modal penting sebelum berganti menjamu Tottenham di Red Bull Arena, tiga pekan lagi.

Baca juga: Kalahkan Liverpool, Simeone: kami sudah menang sebelum masuk stadion

Baca juga: Neymar salahkan PSG atas kekalahan dari Dortmund


Susunan pemain:

Tottenham Hotspur (4-2-3-1): Hugo Lloris; Ben Davies, Davinson Sanchez, Toby Alderweireld, Serge Aurier; Gedson Fernandes (Tanguy NDombele), Harry Winks; Steven Bergwijn, Bamidele Alli (Erik Lamela), Giovani Lo Celso; Lucas Moura
Pelatih: Jose Mourinho

RB Leipzig (4-2-2-2): Peter Gulasci; Angelino, Lukas Klostermann, Marcel Halstenberg, Nordi Mukiele; Ethan Ampadu, Konrad Laimer (Emil Forsberg); Christopher Nkunku (Amadou Haidara), Marcel Sabitzer; Timo Werner, Patrik Schick (Yussuf Poulsen)
Pelatih: Julian Nagelsmann

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Copyright © ANTARA 2020