Ottawa (ANTARA) - Pemerintah Kanada akan mulai mengevakuasi warganya dari kapal pesiar, yang terjangkit corona dan  dikarantina di pelabuhan Yokohama, Jepang, pada Kamis malam, kata Menteri Luar Negeri Francois-Philippe Champagne, Rabu (19/2).

"Pesawat sewaan pemerintah saat ini berada di Tokyo. Kami akan memulai pemindaian sebelum terbang dan mendarat besok malam waktu setempat," kata Champagne kepada awak media di Ottawa.

Warga dengan gejala virus corona tidak akan diizinkan naik ke pesawat dan mereka yang terbukti positif mengidap virus corona akan menjalani perawatan di Jepang, tambahnya.

Terdapat 251 warga Kanada di kapal pesiar Diamond Princess, dengan 47 di antaranya terbukti positif tertular COVID-19, nama resmi virus corona.

Setibanya di Kanada, mereka akan dibawa ke pangkalan latihan penerbangan di Ontario untuk menjalani masa karantina selama 14 hari.

Sebelumnya, kapal pesiar Diamond Princess dengan 3.700 penumpang dan kru telah dikarantina sejak awal Februari ini.

Pada Rabu, bahkan saat penumpang sedang membawa barang-barang mereka dari kapal, otoritas Jepang mengumumkan 79 kasus baru  ditemukan di kapal pesiar itu. 

Kasus baru itu menambah jumlah total menjadi sedikitnya 620 kasus, lebih dari setengah kasus yang diketahui berada di luar China daratan.

Kanada telah membawa pulang hampir 400 warganya dari Kota Wuhan China, pusat wabah virus corona.

Sumber: Reuters

Baca juga: Italia evakuasi 35 warganya dari kapal pesiar Diamond Princess

Baca juga: Pemerintah berencana jemput WNI ABK Kapal Diamond Princess

Baca juga: Jepang pastikan rawat penumpang dan kru kapal Diamond Princess

​​​​​​
 

Evakuasi WNI kru Kapal Diamond Princess , perlu kajian mendalam

Penerjemah: Asri Mayang Sari
Editor: Tia Mutiasari
Copyright © ANTARA 2020