BPBD DKI siarkan peringatan dini, Pos Pantau Pesanggrahan siaga tiga

BPBD DKI siarkan peringatan dini, Pos Pantau Pesanggrahan siaga tiga

Informasi kenaikan tinggi muka air Sungai Ciliwung di Pintu Air Manggarai, Jakarta Selatan setinggi 860 cm (siaga dua), Rabu (1/1/2020) (ANTARA/HO-twitter BDPD DKI jakarta)

Jakarta (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta, Kamis pagi menyiarkan peringatan dini bencana banjir kepada warga bantaran sungai,  menyusul naiknya tinggi muka air di Pos Pantau Pesanggrahan hingga 165 cm atau status Siaga III.

Informasi yang dikumpulkan ANTARA dari laman resmi di BPBD di DKI di Twitter, di Jakarta, Kamis, menyebutkan peringatan status kenaikan tinggi muka air di Pos Pantau Pesanggrahan tersebut tercatat, Kamis pukul 09.00 WIB.

Cuaca di Pos Pantau Pesanggrahan juga dilaporkan gerimis, sehingga besar kemungkinan tinggi muka air akan bertambah naik dan menimbulkan ancaman banjir bagi warga bantaran sungai di Jakarta.

Baca juga: Satu pintu air DKI Jakarta berstatus waspada

Selain itu, tim BPBD DKI telah menberikan info melalui Disaster Early Warning System (DEWS) kepada warga bantaran kali akibat kenaikan tinggi muka air di Pos Pantau Pesanggrahan.

Warga di sekitar bantaran Kali Pesanggarahan diminta untuk antisipasi 4,5 jam ke depan, air akan mencapai Pintu Air Cengkareng Drain.

Mereka yang berada di kawasan Cipulir, Kedoya Utara, Jelambar, Jelambar Baru, Kedoya Selatan, Tanjung Duren Utara, Kapuk Muara, Sukabumi Selatan, Kebon Jeruk, Pesanggrahan, Duri Kepa, Wijaya Kusuma, Ulujami, Kelapa Dua, Rawa Buaya, Kembangan Utara dan Kembangan Selatan diminta mewaspadai potensi banjir.

BPBD DKI juga mencatat cuaca hujan dan gerimis melanda hampir seluruh wilayah di Jakarta sejak Rabu (19/2) menjelang tengah malam hingga Kamis dini hari.

Baca juga: BPBD DKI Jakarta turunkan status Pintu Air Manggarai menjadi normal

Sementara itu catatan Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta mencatat tinggi muka air Pantai Ancol Marina juga telah memasuki status Siaga III pada 09.00 WIB.

Sedangkan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan cuaca di Jakarta bakal cenderung berawan sepanjang siang pada Kamis dengan potensi hujan disertai petir dan angin kencang pada malam menuju dini hari di Jakarta Selatan dan Jakarta Timur.

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Edy Sujatmiko
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Jateng kirim bantuan untuk korban banjir Jabodetabek

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar