Violis main biola saat operasi tumor otak demi jaga kemampuan bermusik

Violis main biola saat operasi tumor otak demi jaga kemampuan bermusik

Ilustrasi biola (Shutterstock)

Jakarta (ANTARA) - Seorang pasien di rumah sakit Inggris bermain biola saat menjalani operasi pengangkatan tumor otak agar ahli bedah dapat mempertahankan kemampuannya untuk bermain musik dan rasa cinta pada biola selama 40 tahun.

Baca juga: Marie "Roxette" Fredriksson meninggal dunia, 17 tahun lawan tumor otak

Dagmar Turner (53), mantan konsultan manajemen dari Isle of Wight, memainkan biolanya selama operasi untuk mengangkat tumor dari lobus frontal kanan otaknya - dekat dengan area yang mengontrol gerakan tangan kirinya.

Untuk mencegah ada dampak pada kemampuan biolanya, Profesor Keyoumars Ashkan, Konsultan Ahli Bedah Saraf di Rumah Sakit King's College, membuat rencana: mereka akan memetakan otaknya, membuka tengkorak dan kemudian membuatnya bermain biola ketika mereka mengangkat tumor.

Ketika ahli bedah mengoperasi otaknya, Turner memainkan musik Gustav Mahler, "Summertime" dari George Gershwin dan karya-karya Julio Iglesias, seperti dilansir Reuters.

"Ini adalah pertama kalinya aku punya pasien yang bermain alat musik," kata Ashkan. "Kami berhasil menghilangkan lebih dari 90 persen tumor... sambil mempertahankan fungsi penuh pada tangan kirinya."

Turner berterima kasih kepada para dokter bedah.

"Biola adalah sesuatu yang saya sukai; Saya sudah bermain sejak berusia 10 tahun," katanya. "Memikirkan akan kehilangan kemampuan untuk bermain sangat memilukan."


Baca juga: Chelsea Islan unjuk kebolehan menggesek biola (video)

Baca juga: Biola WR Supratman ikon Museum Sumpah Pemuda

Baca juga: Taylor Swift ungkap ibunya derita kanker serta tumor otak

Penerjemah: Nanien Yuniar
Editor: Ida Nurcahyani
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Merdunya Biola Bambu dari Lereng Gunung Muria

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar