Ekuador memiliki Taman Nasional Galapagos yang terkenal di dunia dengan penyu raksasanya, sedangkan NTT dengan Taman Nasional Komodo (TNK) yang terkenal di dunia dengan binatang purba raksasa komodo.
Kupang (ANTARA) - Nusa Tenggara Timur dan Ekuador, sebuah negara di Amerika Latin, sama-sama dianugerahi taman nasional yang indah dan memesona mata sehingga keduanya memandang penting untuk membagi pengalaman dalam mengelola taman nasional.

"Ekuador memiliki Taman Nasional Galapagos yang terkenal di dunia dengan penyu raksasanya, sedangkan NTT dengan Taman Nasional Komodo (TNK) yang terkenal di dunia dengan binatang purba raksasa komodo," kata Wakil Gubernur NTT Josef A Nae Soi dari Quito, Ekuador, Kamis.

Wagub Nae Soi mengemukakan rencana kerja sama tersebut saat bersama isterinya dijamu makan malam oleh Duta Besar Indonesia untuk Ekuador Diennaryati Tjokrosuprihatono serta pemerintahan setempat di Le Parc.

Ikut hadir dalam jamuan makan malam tersebut antara lain Gabriel Sommerfield (Charles Darwin Foundation), Amb Laura Donoso (Undersecretary for Asia, Africa and Oceania Kementerian Equador), Alfredo Carrasco Valdivieso (CDF Foundation), dan Pamela, seorang aktivis dan pegiat lingkungan.

Baca juga: Kawasan TNK akan ditawarkan kepada peserta KTT G-20

Ia mengatakan Taman Nasional Komodo di Kabupaten Manggarai Barat beserta seluruh ekosistemnya terkontrol dengan sangat bagus, apalagi pesona Labuan Bajo yang sangat eksotik dan menjadi destinasi wisata super premium.

Atas dasar itu, pemerintah Provinsi NTT dan Ekuador memandang penting untuk bekerja sama saling membagi pengalaman, dan pengetahuan di dalam mengelola taman nasional yang populer secara mondial.

Ekuador pada setiap tahun selalu menyelenggarakan festival bunga. Pada 2019, Tari Topeng Ireng dari Kabupaten Boyolali Indonesia dipilih menjadi tarian pembuka dan dilanjutkan dengan penampilan Balawan serta Batuan Ethnic Fushion.

Pada 2020 ini, NTT mewakili Indonesia dalam Parade Mobil Hias dengan menampilkan Patung Komodo dan Alat Musik Sasando.

Penari asal NTT dari Sanggar Ori Angu Sumba Timur dengan pakaian tenun khas NTT menampilkan kebolehannya yang memukau negara-negara peserta festival dan ribuan masyarakat di Quito.

Baca juga: NTT optimis 50.000 wisatawan kunjungi Komodo

Secara geografi, Ekuador terbagi atas wilayah Lautan Pasifik yakni La Costa, di sepanjang pantai, La Sierra (gergaji), merupakan kawasan pegunungan termasuk Pegunungan Andes, El Oriente (berarti timur) meliputi hutan-hutan Amazon di timur.

"Sekitar lima persen penduduk Ekuador dan Kepulauan Galapagos seluas 1.000 kilometer persegi bermukim di wilayah barat," demikian disadur Valeri Guru, kasubag Pers dan Pengelolaan Pendapat Umum Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi NTT.

Pewarta: Laurensius Molan
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2020