Dua rumah tersebut dihuni oleh masing-masing empat dan tiga jiwa, namun tidak ada korban jiwa maupun luka-luka akibat peristiwa tersebut.
Bandung (ANTARA) - Dua rumah warga di Kampung Sukawana, Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat,  rusak akibat tertimpa pohon tumbang saat hujan lebat disertai angin kencang melanda kampung itu, Kamis .

Kapolsek Cisarua Polres Cimahi, Kompol Ikhwan Heryanto mengatakan peristiwa tersebut terjadi  sekira pukul 04.00 WIB dan petugas menerima laporan tersebut pada pukul 08.45 WIB.

"Pada pukul 08.45 WIB, kami menerima laporan terkait pohon tumbang menimpa dua rumah warga," kata Ikhwan, Kamis.
Baca juga: Sukabumi dilanda puting beliung

Selain faktor angin kencang, menurutnya pohon berjenis pinus tersebut tumbang karena kondisi akar yang sudah lapuk serta bagian pohon yang kering.

Dua rumah tersebut dihuni oleh masing-masing empat dan tiga jiwa. Namun ia memastikan tidak ada korban jiwa maupun luka-luka akibat peristiwa tersebut.

"Dari peristiwa itu, nihil korban jiwa," kata dia.
Baca juga: Hujan angin kencang sebabkan rumah rusak dan pohon tumbang di Bandung
Baca juga: Pemkot Bogor catat 1.697 bangunan terdampak angin kencang

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung Barat, Duddy Prabowo mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan sejumlah unsur terkait untuk mengimbau antisipasi kejadian serupa kepada masyarakat.

Kemudian, warga penghuni dua rumah rusak dampak dari pohon tumbang ini kini telah mengungsi ke tempat yang lebih aman. Berdasarkan analisa, kata dia, kedua rumah tersebut mengalami rusak berat.

"Warga yang terdampak kini mengungsi," kata Duddy.
Baca juga: Puluhan pohon tumbang di DIY akibat hujan dan angin kencang

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2020