Wakil Gubernur dijadwalkan buka lomba mirip JK di Athirah

Wakil Gubernur dijadwalkan buka lomba mirip JK di Athirah

Ilustrasi - Ketua DPR RI Puan Maharani (kiri) mengunjungi rumah Mantan Wakil Presiden RI Jusuf Kalla (kanan) di Jalan Brawijaya nomor 6, Jakarta, Selasa (11/2/2020). (ANTARA/ HO/ Tim Media JK)

Makassar (ANTARA) - Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Andi Amran Sulaiman dijadwalkan akan membuka Piala Jusuf Kalla volume 5 dengan salah satu cabang lomba mirip mantan Wakil Presiden Indonesia periode 2015-2019, Jusuf Kalla (JK).

Kepala SMA Athirah Makassar, Tawakkal Kahar di Makassar, Kamis, menyampaikan Piala JK merupakan lomba pasukan pengibaran bendera (Paskibra) tingkat Sulawesi Selatan yang diselenggarakan sejak empat tahun terakhir oleh SIA Makassar.

Hanya saja, kata dia, perlombaan ini berbeda dari perlombaan serupa yang digelar sekolah pada umumnya. Hal itu karena adanya lomba mirip JK.

"Mirip JK ini bukan hanya secara fisik tetapi juga dengan filosof kepemimpinan Pak JK. Jadi setiap sekolah yang ikut ada perwakilannya, mereka akan menyampaikan seperti apa pak JK," katanya.

Baca juga: Jusuf Kalla apresiasi kinerja pelayanan PMI Jateng

Baca juga: Ketua DPR kunjungi rumah Jusuf Kalla

Baca juga: PMI siap bantu pemerintah cegah penyebaran virus corona


Kegiatan yang juga rencananya akan dihadiri Ketua Yayasan Hadji Kalla, Fatimah Kalla itu akan digelar di area SIA Kajaolalido Makassar, 21-23 Februari 2020.

Tawakkal menyebutkan lomba ini rencananya akan diikuti 15 SMA/SMK sederajat di Sulsel. Pesertanya juga berasal dari beberapa kabupaten seperti, Gowa, Maros dan Pangkajene Kepulauan.

"Memang tidak semua sekolah bisa ikut, karena harus terdaftar dulu di Purna Paskibra Indonesia (PPI) Sulsel sebagai pihak terkait yang membawahi kegiatan serupa. Jadi kami juga sudah bersurat ke PPI Sulsel," katanya.

Tawakkal menyebutkan setiap sekolah harus membawa minimal 35 peserta untuk menjadi wakil pada beberapa lomba dengan penilaian dipusatkan antar tim seperti lomba upacara.

Ada juga lomba baris-berbaris dan lomba cerdas cermat. Tahun 2019, Piala JK berhasil dibawa pulang oleh SMA 11 Makassar.*

Pewarta: Nur Suhra Wardyah
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar