Liga 1 Indonesia

PSSI gelar rapat koordinasi dengan Polri bahas Liga 1 dan 2

PSSI gelar rapat koordinasi dengan Polri bahas Liga 1 dan 2

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan (kedua kanan) berfoto bersama Wakil Kepala Badan Intelijen dan Keamanan (Wakabaintelkam) Polri Irjen Pol Suntana (kedua kiri), Ketua Satgas Antimafia Bola Brigjen Pol Hendro Pandowo (kiri), Ketua Umum Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) Richard Sam Bera (tengah) dan Wakil Ketua Umum PSSI Cucu Somantri di sela rapat koordinasi menjelang dimulainya liga sepak bola musim 2020 di Senayan, Jakarta, Kamis (20/2/2020). Rakor tersebut bertujuan untuk memastikan jalannya kompetisi berjalan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan, aman, kondusif dan bebas dari mafia pertandingan. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/hp.

Jakarta (ANTARA) - Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) menggelar rapat koordinasi dengan jajaran Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) untuk membahas bergulirnya Liga 1 dan Liga 2 Indonesia 2020.

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan menyebut, kegiatan yang berlangsung di salah satu hotel di kawasan Jakarta Pusat, Kamis itu dilangsungkan untuk menyelaraskan jadwal pertandingan Liga 1 dan Liga 2 2020.

"Hal ini penting sebagai kepastian sehingga tidak ada jadwal yang berubah," ujar Iriawan di sela pertemuan.

Baca juga: LIB ubah jadwal beberapa laga Liga 1 Indonesia 2020

Menurut dia, sinkronisasi jadwal dengan Polri juga menjadi tindak lanjut dari permintaan Presiden Joko Widodo yang ingin kompetisi berjalan baik, tepat waktu dan menarik.

Jadwal Liga 1 dan 2 2020 memang rawan bergeser karena bertepatan dengan pelaksanaan pemilihan kepala daerah (pilkada) yang dilaksanakan di 270 daerah.

Itu membuat PSSI memohon bantuan kepolisian yang memiliki data rinci kegiatan terkait keamanan dan ketertiban masyarakat di semua daerah termasuk wilayah tempat berlangsungnya Liga 1 dan 2 Indonesia 2020.

"Kami mohon bantuan kepolisian. Pilkada itu kan cukup panjang prosesnya, bulanan, termasuk masa kampanye. Akan dilihat apakah memungkinkan kita dalam kampanye ada pertandingan di wilayah tersebut," tutur Iriawan.

Baca juga: LIB: setiap klub Liga 1 2020 dapatkan subsidi Rp5,2 miliar

Selain soal jadwal, PSSI juga berkoordinasi dengan polisi, dalam hal ini Satgas Antimafia Bola, soal pengawasan pertandingan dari tindakan kriminal.

"Kami berkomitmen untuk benar-benar membersihkan hal-hal yang mengganggu kemajuan sepak bola Indonesia, apakah itu mafia atau lainnya. Kami berharap sepak bola Indonesia lebih berkualitas dan mendunia," kata Iriawan.

Liga 1 Indonesia 2020 berlangsung mulai 29 Februari dan dijadwalkan berakhir pada 31 Oktober 2020. Sementara Liga 2 2020 rencananya berlangsung mulai 13 Maret 2020.

Baca juga: BOPI targetkan rekomendasi Liga 1 2020 terbit pada 21 Februari

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Satgas Anti Mafia Bola Tahap III Papua mulai bertugas

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar