Lombok Tengah (ANTARA) - Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin meminta semua badan usaha milik negara (BUMN) mendonasikan sebagian dana sosialnya untuk bank wakaf mikro (BWM) yang dikembangkan di pesantren-pesantren.

BUMN dapat ikut berpartisipasi dalam pengembangan ekonomi syariah tersebut lewat dana corporate social responsibility (CSR), kata Wapres Ma’ruf saat meresmikan BWM Ahmad Taqiuddin Mansur ATQIA di Pondok Pesantren NU Al-Manshuriyah Ta’limusshibyan di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Kamis.

“Ke depan, kita dorong agar bank wakaf tidak hanya menunggu donasi, tetapi kita mendorong supaya CSR BUMN itu juga nanti untuk bangun bank wakaf mikro. Dengan begitu, semua kebagian untuk memperoleh bank wakaf mikro. Saya kira itu cita-cita,” kata Wapres.

Baca juga: Wapres resmikan bank wakaf mikro di Lombok Tengah

Baca juga: Wapres larang pernikahan dini untuk cegah stunting

Baca juga: Wapres tinjau rumah tahan gempa untuk korban bencana di Mataram


Wapres mengakui selama ini pengembangan bank wakaf mikro masih lamban akibat belum banyaknya donasi dari berbagai pihak untuk lembaga pinjaman dana syariah tersebut.

Potensi pengembangan bank wakaf mikro di pesantren-pesantren sebenarnya besar karena keberadaan sekolah berbasis Islam itu sudah tersebar hampir di seluruh daerah.

“Pesantren itu tidak hanya menjadi pusat untuk menyediakan para kiai, para ulama, tetapi juga tempat melakukan penguatan umat di bidang ekonomi untuk menghilangkan kemiskinan,” katanya menjelaskan.

Wapres menyebutkan hingga saat ini baru terbentuk 56 bank wakaf mikro dan jumlah tersebut akan terus ditingkatkan.

Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso menyebukan pada tahun 2020 pihaknya menargetkan akan menambah 50 bank wakaf mikro lagi.

“Ya, minimal (tahun ini) 50, tapi bisa lebih. Hal ini supaya jangan menyentuh umat yang besar karena sudah pintar. Justru difokuskan pada umat yang jumlahnya banyak dan perlu perhatian,” ujar Wimboh.

Pewarta: Fransiska Ninditya
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2020