Piala Gubernur Jatim

Taklukkan Persija 4-1, Persebaya juara Piala Gubernur Jatim 2020

Taklukkan Persija 4-1, Persebaya juara Piala Gubernur Jatim 2020

Pesepakbola Persebaya Oktavianus Vernando (kedua kirii) melakukan selebrasi bersama rekannya seusai mencetak gol ke gawang Persija dalam final Piala Gubernur Jawa Timur di Gelora Delta, Sidoarjo, Jawa Timur, Kamis (20/2/2020). ANTARA FOTO/Zabur Karuru/ama.

Surabaya (ANTARA) - Persebaya Surabaya tampil sebagai juara turnamen sepak bola Piala Gubernur Jawa Timur 2020 setelah pada partai final menaklukkan Persija Jakarta dengan skor 4-1 di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Kamis sore.

Gol-gol Persebaya dicetak Oktafianus Fernando pada menit ke-3, Makan Konate menit ke-52, Ricky Kambuaya menit ke-55, serta Mahmoud Eid pada menit ke-80

Sedangkan, satu-satunya gol Persija diciptakan Marco Simic pada menit ke-43.

Baca juga: Persebaya vs Persija 1-1 pada babak pertama final Piala Gubernur Jatim

Persebaya yang bermain disaksikan sekitar 20 ribu suporternya mengambil inisiatif menyerang dan menciptakan peluang pada awal-awal pertandingan.

Terbukti, laga masih berjalan tiga menit Oktafianus Fernando sukses menjebol gawang Persija yang dikawal Sahar Ginanjar.

Oktafianus Fernando mencetak gol setelah menerima umpan kapten tim, Makan Konate dari sisi kiri pertahanan Persija.

Kembali tuan rumah menciptakan peluang, kali ini melalui David Da Silva setelah menerima umpan terobosan Mahmoud Eid, namun sepakannya masih digagalkan kiper Sahar Ginanjar meski sudah berhadap-hadapan.

Melihat timnya tertekan, pelatih Persija Sergio Farrias memasukkan gelandang enerjik Novri Setiawan dan menarik keluar Andrianus Dwiki.

Pada menit ke-31, tim “Macan Kemayoran” harus bermain dengan 10 pemain setelah Ryuji Utomo dengan sengaja menarik David Da Silva yang sudah menang dalam adu lari di barisan pertahanan terakhir.

Kehilangan pemain belakang, pelatih Persija menarik Evan Dimas dan memainkan Alfatih Fatheer.

Unggul jumlah pemain Persebaya semakin tampil percaya diri, dan kembali memperoleh peluang emas melalui David Da Silva, namun tendangan jarak jauhnya dari kotak penalti masih membentur tiang gawang.

Dua menit menjelang babak pertama berakhir, Persija memperoleh peluang melalui skema tendangan penjuru dan dimanfaatkan dengan baik oleh Marco Simic.

Skor berubah menjadi 1-1 dan bertahan hingga babak pertama berakhir.

Baca juga: Empat layar besar disiapkan saat final Piala Gubernur Jatim

Memasuki babak kedua, Persebaya yang menargetkan juara di kandang tak mengendurkan serangan dan Makan Konate pada menit ke-52 membuktikan kualitasnya dengan mencetak gol ke gawang Persija.

Pelatih Persebaya Aji Santoso melakukan rotasi pemain dengan memainkan Irfan Jaya dan Aryn Williams, lalu menarik keluar Oktafianus Fernandp serta Hambali Tholib.

Tiga menit berselang, Persebaya kembali mencetak gol melalui skema tendangan penjuru dan kali ini Ricky Kambuaya mencatatkan namanya di papan skor.

Meski tertinggal, barisan depan Persija yang dimotori Rico Simanjuntak dan Marco Simic berusaha mengejar ketertinggalan, namun dapat digagalkan Rizky Ridho dan juga Arief Satria.

Tim “Bajul Ijo”, julukan Persebaya, justru memperbesar keunggulan melalui Mahmoud Eid yang melesakkan tendangan keras kaki kiri dari dalam kotak penalti pada menit ke-80.

Hingga wasit Dwi Purba Adi asal Jawa Tengah meniup peluit akhir, skor 4-1 bertahan untuk kemenangan Persebaya sekaligus memastikan diri sebagai juara.

Baca juga: Polda Jatim siapkan rantis kawal tim Persija Jakarta

Susunan Pemain:

Persebaya: Rivky Mokodompit (kiper), Rizky Ridho, Arief Satria, M Syaifuddin, Alwi Slamat, Ricky Kambuaya, Makan Konate (kapten), Hambali Tholib, Oktafianus Fernando, Mahmoud Eid, David Da Silva
Pelatih: Aji Santoso

Persija: Sahar Ginanjar (kiper), Sandi Suthe, Ryuji Utomo, Rohit Chand, Tony Sucipto, Evan Dimas, Rico Simanjuntak, Andrianus Dwiki, Marco Motta, Maman Abdurrahman (kapten), Marco Simic.
Pelatih: Sergio Farrias

Baca juga: PSSI Jatim harapkan The Jakmania tidak hadir pada final Piala Gubernur

Pewarta: Fiqih Arfani
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Persebaya juara Piala Gubernur Jatim

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar