Mantan juara dunia McCormack ambil bagian pada SLT 2020

Mantan juara dunia McCormack ambil bagian pada SLT 2020

Dua triatlet Chris McCormack dan Ashita Aulia Azzahra berpose pada konferensi pers BCA Super League Triathlon 2020 di Hotel Fairmont, Jakarta, Kamis (20/02/2020). (ANTARA/A Rauf Andar Adipati)

Jakarta (ANTARA) - Juara dunia triatlon Chris McCormack asal Australia akan ambil bagian pada kejuaraan BCA Super League Triathlon (SLT) 2020, yang akan berlangsung di Ayodya Resort, Nusa Dua, Bali, pada 3 hingga 5 April 2020.

"Saya senang sekali bisa kembali ke Indonesia. Terutama karena SLT tahun ini diselenggarakan bertepatan dengan ulang tahun saya," kata McCormack yang lahir pada 4 April 1973 pada konferensi pers di Jakarta, Kamis.

Pria dengan sapaan Macca itu merupakan juara Ironman World Championship edisi 2007 dan 2010. Prestasi terkini pria 46 tahun itu adalah kampiun Kejuaraan Dunia ITU (International Triathlon Union) jarak jauh pada 2012 silam.

Super League Triathlon (SLT) merupakan kompetisi berenang, bersepeda, dan berlari. Pada tahun ini, SLT akan memfokuskan diri pada kategori Triple Mix dan Eliminator untuk kategori profesional.

Baca juga: Indonesia Triathlon Series bakal dorong industri pariwisata olahraga

Format balapan Triple Mix terdiri dari tiga tahap, yang masing-masing terdiri dari berenang sejauh 300 meter, bersepeda sejauh empat kilometer, dan berlari sejauh 1,6 kilometer.

Tahap satu dimulai dengan berenang, disusul bersepeda, dan diakhiri dengan berlari. Untuk tahap kedua akan dimulai dengan lari, kemudian bersepeda, dan berenang. Pada tahap terakhir, kompetisi dimulai dengan bersepeda, berenang, dan berlari.

Pada format ini, setiap triatlet diberi waktu istirahat enam sampai sepuluh menit.

Format kompetisi yang membagi-bagi ketiga balap tersebut merupakan upaya panitia untuk dapat menarik lebih banyak peserta baru. Jika ditotal, catatan kilometer format Triple Mix mendekati kompetisi level sprint, yang mencatatkan berenang 750 meter, bersepeda 20 kilometer, dan berlari lima kilometer.

Baca juga: Perburuan poin Indonesia Triathlon Series 2020 dimulai dari Palembang

Oleh sebab itu, McCormack berharap para triatlet baru dapat menikmati kompetisi yang disajikan.

"Ini adalah olahraga luar biasa. Nikmati saja seluruh pengalaman sepanjang hari. Seandainya Anda tidak menyukai triatlon pertama Anda, Anda dapat menghubungi saya," katanya.

Sedangkan eliminator terdiri dari berenang sejauh 300 meter, bersepeda empat kilometer, dan bersepeda sejauh 1,6 kilometer. Para triatlet diberikan waktu istirahat enam menit pada setiap tahapan.

Selain rangkaian kompetisi triatlon, SLT juga akan dimeriahkan lomba lari 2,5 kilometer, 5 kilometer, dan 10 kilometer. Panitia pelaksana juga akan menyelenggarakan balap lari untuk anak-anak.

Setelah seri di Bali, SLT akan dilanjutkan di Salinas, Ekuador (24-26 April), Tempe, Arizona, AS (22-24 Mei), Poznan, Polandia (27-28 Juni), dan diakhiri di Ottawa, Kanada (4-5 Juli).

Baca juga: Triathlon Ironman Lombok ajang pembuktian penyelenggara lokal

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Indonesia Triathlon Series yang akan dorong wisata olahraga nusantara

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar