Hujan masih membayangi wilayah Jakarta pada Jumat pagi

Hujan masih membayangi wilayah Jakarta pada Jumat pagi

Warga menggunakan perahu buatannya untuk menyusuri jalan perkampungan yang tergenang banjir luapan air Sungai Ciliwung di Cawang, Jakarta, Kamis (20/2/2020). Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta, terdapat 28 RW di 16 kelurahan dan 10 kecamatan se-Jakarta yang mengalami banjir akibat tingginya intensitas hujan di Jakarta dan sekitarnya sejak Rabu (19/2) malam hingga Kamis pagi. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/pras.

Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan hujan masih terjadi di wilayah DKI Jakarta pada Jumat pagi.

Bagi masyarakat yang ingin beraktivitas sebaiknya menyediakan payung sebelum bepergian, demikian imbauan BMKG.

Hujan tersebut diprakirakan terjadi di Jakarta Barat, Jakarta Pusat dan Jakarta Utara. Sedangkan hujan ringan diperkirakan terjadi di Kepulauan Seribu.

Untuk wilayah Jakarta Timur dan Jakarta Selatan pagi hari diperkirakan berawan, namun pada siang hari diprediksi terjadi hujan lokal.

Sedangkan wilayah lainnya, yakni Jakbar, Jakpus, Jakut dan Kepulauan Seribu diperkirakan berawan siang harinya. Pada malam hari cuaca di enam wilayah DKI Jakarta diperkirakan berawan, namun cuaca berubah pada dini hari.

Baca juga: Banjir rendam sedikitnya 13 permukiman penduduk di Jaktim
Baca juga: Pemprov DKI turunkan petugas dan pompa mobile antisipasi banjir
Taman Pemakaman Umum (TPU) Tegal Alur Kalideres terendam air setelah hujan deras di Jakarta Barat, Kamis (20/2/2020) (ANTARA/Devi Nindy)

Hujan ringan diprediksi terjadi di Jakbar dan Jakpu, hujan sedang di Jaktim, Jaksel dan Jakut, sedangkan Kepulauan Seribu hujan lokal.

Adapun suhu udara yang mempengaruhi cuaca wilayah DKI Jakarta berkisar antara 24 hingga 33 derajat Celcius dengan kelembapan udara 70-95 persen.

Arah angin bertiup dari Barat dan Barat Laut dengan kecepatan antara 0,5 hingga 25 kilometer (km) per jam.

BMKG melalui laman BMKG.go.id juga mengeluarkan informasi peringatan dini cuaca ekstrim yang berpotensi terjadi di wilayah DKI Jakarta.

"Waspada potensi hujan disertai kilat atau petir dan angin kencang dengan durasi singkat di wilayah Jakut, Jakbar, Jaksel dan Jaktim pada menjelang dini hari," bunyi pesan peringatan dini BMKG.
Baca juga: Pemprov DKI pastikan jalanan aman dari genangan akibat hujan lokal
Baca juga: 46 RW di 21 Kelurahan Jakarta terendam hingga 2,5 meter

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Sri Muryono
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Selama 12 jam, dua Kabupaten di Sulteng diguncang 42 kali gempa

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar