Jakarta (ANTARA) - Rangkaian pemberitaan kemarin, Kamis (20/2), Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tengah menunggu regulasi dalam penyelesaian pembayaran klaim Jiwasraya hingga pos-pos perbatasan negara Indonesia akan mulai dibangun tahun ini.

Berikut berita ekonomi pilihan yang masih layak disimak hari ini, Jumat :

1. Kementerian BUMN tunggu regulasi untuk selesaikan pembayaran Jiwasraya

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) masih menunggu dukungan regulasi dari dua lembaga untuk menyelesaikan pembayaran klaim nasabah PT Asuransi Jiwasraya (Persero).

"Satu dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan), dua dari Kementerian Keuangan. Sedang proses, mudah-mudahan segera selesai," ujar Erick Thohir usai rapat kerja dengan Komisi VI DPR RI di Jakarta, Kamis.
Berita selengkapnya

2. RUU Cipta Kerja beri jaminan sosial pekerja terdampak PHK

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mengatakan Rancangan Undang-Undang (RUU) Cipta Kerja yang telah diberikan pihak eksekutif ke legislatif mengatur tentang jaminan sosial bagi pekerja yang terdampak Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).

"Yang baru di UU Cipta Kerja ini adalah pengaturan tentang jaminan sosial," ujar dia di Jakarta, Kamis.
Berita selengkapnya


3. Erick Thohir berencana likuidasi lima anak usaha Garuda Indonesia

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir merencanakan untuk melikuidasi atau menutup lima anak usaha PT Garuda Indonesia Tbk (Persero), salah satunya PT Garuda Tauberes Indonesia.

"Ada lima anak perusahaan Garuda Indonesia yang sebenarnya siap di likuidasi. Hasil rapat direksi dan komisaris dengan kami, mereka (Garuda Indonesia) sudah mengusulkan, karena tidak ada manfaatnya," ujar Erick Thohir.
Berita selengkapnya


4. Investasi sektor ketenagalistrikan kian naik, tembus 12 miliar dolar

Investasi sektor ketenagalistrikan menunjukkan tren yang positif pada tahun 2019, mampu menembus nilai 12 miliar dolar AS.

Angka ini melampaui target yang ditetapkan dan lebih tinggi dari tahun 2018 yang menorehkan angka 11,29 miliar dolar AS. Pemerintah pun optimis hingga tahun 2024 investasi sektor ini meningkat hingga 39 miliar dolar AS.
Berita selengkapnya


5. 10 Pos Lintas Batas Negara akan mulai dibangun tahun ini

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memprogramkan sebanyak 10 Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Terpadu di lima provinsi pada tahun 2020 ini.

"Dari 11 PLBN, satu yang selesai yakni PLBN Sota di Merauke (Papua) karena memang dibangun tahun 2019, lainnya akan dimulai pembangunannya tahun 2020. Untuk PLBN Sota, Menteri Polhukam akan melaporkan kepada Presiden tentang kesiapan untuk dapat diresmikan," kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam rilis di Jakarta, Kamis.
Berita selengkapnya

Baca juga: Kementerian BUMN tunggu regulasi untuk selesaikan pembayaran Jiwasraya
Baca juga: Ini isi RUU Cipta Kerja
Baca juga: Erick Thohir berencana likuidasi lima anak usaha Garuda Indonesia

Pewarta: Afut Syafril Nursyirwan
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2020