Sydney (ANTARA) - Saham-saham Australia dibuka lebih rendah pada perdagangan Jumat pagi, dengan kerugian luas menyeret pasar, meskipun ada kenaikan di sektor industri.

Pada pukul 10.30 waktu setempat, indeks acuan S&P/ASX 200 turun 8,80 poin atau 0,12 persen menjadi 7.153,70 poin, sedangkan indeks All Ordinaries yang lebih luas turun 9,70 poin atau 0,13 persen pada 7.245,50 poin.

Saham-saham konsumen turun tajam setelah melonjak sehari sebelumnya, sementara itu layanan kesehatan teknologi dan komunikasi semua merosot.

Saham sumber daya dan bank hampir datar di awal perdagangan, sementara industri menguat sekitar 0,40 persen.

Baca juga: Sektor keuangan tekan pasar saham Australia dibuka turun

Sementara itu dolar Australia bertahan di level terendah dalam lebih dari satu dekade, karena lonjakan angka pengangguran mengumpulkan tekanan yang sudah dirasakan oleh pasar global.

"Investor Australia mendapat nafas hari ini ketika laporan keuangan perusahaan lokal mendekati angka tiga perempat. Dengan sisa satu minggu, penjualan dan laba berjalan sekitar satu persen di bawah perkiraan," kata kepala strategi pasar CMC Markets, Michael McCarthy.

Di sektor keuangan, bank-bank besar Australia terangkat dengan Commonwealth Bank naik 0,01 persen, ANZ naik 0,39 persen, National Australia Bank naik 0,11 persen dan Westpac Bank naik 0,35 persen.

Baca juga: Lonjakan saham bank, angkat pasar saham Aussie lebih tinggi

Saham-saham pertambangan sebagian besar lebih rendah dengan Rio Tinto turun 0,05 persen, Fortescue Metals turun 1,72 persen dan BHP turun 0,29 persen, namun penambang emas Newcrest naik 1,10 persen.

Produsen-produsen minyak dan gas beragam dengan Oil Search turun 0,55 persen, Santos turun 0,25 persen dan Woodside Petroleum naik 0,33 persen.

Supermarket terbesar Australia melemah dengan Coles turun 0,50 persen, dan Woolworths turun 1,01 persen.

Sementara itu, raksasa telekomunikasi Telstra turun 0,79 persen, maskapai nasional Qantas kehilangan 0,75 persen dan perusahaan biomedis CSL naik 0,46 persen.

Baca juga: Sinyal beragam dari pasar internasional, saham Australia dibuka turun

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2020