Ketua MA lantik tiga ketua muda

Ketua MA lantik tiga ketua muda

Ketua Mahkamah Agung, Mohammad Hatta Ali, memberikan selamat usai melantik dan mengambil sumpah tiga ketua kamar. ANTARA/Dyah Dwi

Jakarta (ANTARA) - Ketua Mahkamah Agung, Mohammad Hatta Ali, melantik dan mengambil sumpah tiga ketua muda Mahkamah Agung, yaitu ketua Kamar Perdata, ketua Kamar Pengawasan, dan ketua Kamar Pembinaan.

"Saya bersumpah bahwa saya akan memenuhi kewajiban sebagai ketua muda Mahkamah Agung dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh UUD NRI1945 dan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya menurut UUD NRI 1945 serta berbakti kepada nusa dan bangsa," kata Ali menuntun sumpah tiga ketua kamar di Gedung Mahkamah Agung, Jakarta, Jumat.

Hakim Agung I Gusti Agung Sumanatha, dilantik menjadi ketua Kamar Perdata menggantikan Soltani Mohdally yang memasuki masa pensiun sejak 1 Maret 2019.

Sedangkan ketua Kamar Pengawasan yang dilantik adalah Hakim Agung Andi Samsan Nganro, menggantikan Hakim Agung Sunarto yang menjadi wakil ketua Mahkamah Agung Non Yudisial.

Selanjutnya Hakim Agung Takdir Rahmadi mengemban amanah sebagai ketua Kamar Pembinaan untuk kali kedua.

Ada pun pelantikan tiga ketua kamar itu berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 20/P/2020 tanggal 18 Februari 2020 dan Keputusan Presiden Nomor 21/P/2020 tanggal 18 Februari 2020.

Turut hadir Ketua Mahkamah Konstitusi, Anwar Usman, Ketua Komisi Yudisial, Jaja Ahmad Jayus, dan Jaksa Agung, ST Buhanuddin.

Pewarta: Dyah Dwi Astuti
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Badan Peradilan diminta tidak alergi dengan pengawasan

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar