Liga 1 Indonesia

BOPI berikan rekomendasi izin Liga 1 Indonesia 2020 kepada LIB

BOPI berikan rekomendasi izin Liga 1 Indonesia 2020 kepada LIB

Direktur Utama PT LIB Cucu Somantri (kedua dari kiri) dan Ketua BOPI Richard Sam Bera (kanan) memberikan keterangan mengenai pemberian izin penyelenggaraan Liga 1 Indonesia 2020 di Kantor Kemenpora, Jakarta, Jumat (21/2/2020). Liga 1 Indonesia 2020 berlangsung mulai 29 Februari dan dijadwalkan berakhir pada 31 Oktober 2020. (Michael Siahaan)

Jakarta (ANTARA) - Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) resmi memberikan rekomendasi izin penyelenggaraan Liga 1 Indonesia 2020, yang dimulai pada 29 Februari, kepada operator PT Liga Indonesia Baru (LIB).

Usai menyerahkan rekomendasi kepada Direktur Utama PT LIB Cucu Somantri di Kantor Kemenpora, Jakarta, Jumat, Ketua BOPI Richard Sam Bera menyebut bahwa rekomendasi diberikan setelah pihaknya melakukan verifikasi selama satu sekitar satu pekan.

"Kami memeriksa beberapa hal seperti badan hukum, perpajakan, kontrak-kontrak pemain serta izin pesepak bola dan pelatih asing. Kami menyesuaikannya dengan perundang-undangan yang berlaku," ujar Richard.

Baca juga: BOPI targetkan rekomendasi Liga 1 2020 terbit pada 21 Februari
Baca juga: LIB: setiap klub Liga 1 2020 dapatkan subsidi Rp5,2 miliar

Dengan demikian, Liga 1 Indonesia 2020 dapat bergulir sesuai waktu yang dijadwalkan yakni mulai 29 Februari.

BOPI pun berpesan agar LIB dapat menjalankan liga dengan profesional. Semua hak dan kewajiban LIB, klub dan pemain harus dipenuhi.

Kerusuhan dan kericuhan antar suporter juga diminta untuk dicegah.

BOPI ingin Liga 1 Indonesia 2020 menjadi liga profesional terbaik sepanjang sejarah.

Baca juga: LIB ubah jadwal beberapa laga Liga 1 Indonesia 2020

"Kami berharap liga ini dikelola secara profesional, mengutamakan aspek bisnis yang menguntungkan. Perhatikan hak dan kewajiban klub. Tidak ada tunggakan gaji pemain sampai akhir musim. Semoga semua berjalan dengan lancar sehingga Liga 1 2020 bisa menjadi liga profesional terbaik dalam sejarah sepak bola Indonesia," kata Richard.

Pihak LIB pun berterima kasih kepada BOPI atas bantuan dan kerja sama yang sudah dijalin.

Direktur Utama LIB Cucu Somantri menegaskan, pihaknya mendengar dan akan melaksanakan semua permintaan BOPI terkait Liga 1.

"Kadang-kadang di hari selanjutnya muncul permasalahan terkait klub, pemain, pelatih. Kami berharap tidak lagi demikian. Kami sangat mendengar dan memerhatikan harapan BOPI kepada kami. Saya rasa itu bukan hanya harapan BOPI, tetapi juga masyarakat dan pemerintah," tutur Cucu.

Liga 1 Indonesia 2020 berlangsung mulai 29 Februari dan dijadwalkan berakhir pada 31 Oktober. Sementara Liga 2 musim 2020 rencananya berlangsung mulai 13 Maret.

Baca juga: LIB: markas Persiraja belum penuhi standar Liga 1
Baca juga: Sriwijaya FC laporkan tunggakan utang Rp3,4 miliar LIB ke BOPI

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Bayu Kuncahyo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Satgas Anti Mafia Bola Tahap III Papua mulai bertugas

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar