Hujan guyur Jakarta sejumlah pintu air berstatus siaga tiga

Hujan guyur Jakarta sejumlah pintu air berstatus siaga tiga

Sebuah kasur kapuk hanyut terbawa arus Sungai Ciliwung di Pintu Air Manggarai, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (19/1/2020) (ANTARA/Laily Rahmawaty)

BPBD DKI Jakarta menyebarkan informasi kepada warga yang berada di sekitar bantaran sungai terkait tinggi muka air di pintu Air Manggarai dan Karet melalui media sosial, seperti Twitter, website dan WhatsApp.
Jakarta (ANTARA) - Hujan yang mengguyur Kota Jakarta dan sekitarnya mulai Sabtu dini hari menyebabkan ketinggian air di sejumlah pintu air meningkat hingga berstatus siaga tiga banjir atau level waspada.

Berdasarkan Twitter Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta dengan akun @BPBDJakarta, pada Sabtu, menyebutkan, pada pukul 04.00 WIB ketinggian muka air di pintu air Manggarai mencapai 795 sentimeter (cm) sementara pintu air Karet mencapai 520 cm dengan kondisi mendung dan Pintu air Pasar Ikan mencapai 172 cm.

Sementara, Bendung Katulampa, Depok, pos Pesanggrahan, pos Krukut Hulu, pos Angke Hulu, Waduk Pluit, dan lainnya masih dalam status aman atau siaga IV.

Baca juga: Jakarta diguyur hujan, pintu air Manggarai dan Karet siaga III

Baca juga: Anies sebut tinggi muka air Pintu Air Manggarai normal

Baca juga: BPBD DKI Jakarta turunkan status Pintu Air Manggarai menjadi normal


Upaya yang telah dilakukan oleh BPBD DKI Jakarta dalam akunnya, adalah menyebarkan informasi kepada warga yang berada di sekitar bantaran sungai terkait tinggi muka air di pintu Air Manggarai dan Karet melalui media sosial, seperti Twitter, website dan WhatsApp.

BPBD DKI Jakarta juga memberikan informasi kepada camat dan lurah melalui WhatsApp Group Kebencanaan Pusdatin BPBD DKI Jakarta.

Untuk Pintu Air Karet, wilayah yang perlu diantisipasi naiknya status siaga banjir yakni Grogol, Palmera, Kalianyar, Kota Bambu Selatan, Kota Bambu Utara, Petamburan dan Tomang.

Sedangkan Pintu Air Manggarai, wilayah yang perlu diantisipasi yakni Gondangdia, Grogol, Jati Pulo, Kalianyar, Karet Tengsin, Kota Bambu Selatan, Kota Bambu Utara, Menteng, Petamburan dan Tomang.

Hujan mengguyur wilayah Jakarta dan sekitarnya terpantau mulai pukul 01.47 WIB, hujan disertai kilat dan petir serta angin terpantau di wilayah Jakarta Pusat.

Sebelumnya, BMKG telah informasikan peringatan dini hujan disertai kilat atau petir dan angin kencang yang berpotensi terjadi dari tanggal 20-22 Februari 2020 di wilayah Jabodetabek.

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Berada di 750 cm, ketinggian pintu air Manggarai berangsur normal

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar