Dubes Jepang kunjungi Kodam XVII/Cenderawasih

Dubes Jepang kunjungi Kodam XVII/Cenderawasih

Kasdam XVII/Cenderawasih Brigjen Irham Waroihan saat bertemu dengan Dubes Jepang untuk RI, Mr Ishii Masafumi. (ANTARA/HO-Pendam XVII/Cenderawasih)

"Saya bersama rombongan ke Papua untuk mempererat hubungan dan kerja sama yang baik di bidang militer antara Indonesia dan Jepang khususnya di wilayah Papua," ujar Dubes Jepang.
Jayapura (ANTARA) - Kasdam XVII/Cenderawasih Brigjen Irham Waroihan menerima kunjungan kerja Dubes Jepang untuk Republik Indonesia Ishii Masafumi untuk memperat hubungan kerja sama dengan Pemerintah Indonesia, di ruang Cycloop Makodam Cenderawasih, Jumat (21/2)

Kepala Penerangan Kodam XVII/Cenderawasih Kolonel Cpl Eko Daryanto dalam keterangan tertulis diterima Sabtu, menyebutkan, dalam pertemuan itu, Dubes Jepang Ishii Masafumi menyampaikan terima kasih atas sambutan yang diberikan Kodam XVII/Cenderawasih kepada rombongan Kedubes Jepang.

Dubes Jepang Ishii Masafumi juga mengakui bahwa kunjungan kerja pertama kali secara resmi ke wilayah Papua ini juga untuk mempererat hubungan baik di bidang kemiliteran antara Indonesia dengan Pemerintah Jepang khususnya di wilayah Provinsi Papua.

"Saya bersama rombongan ke Papua untuk mempererat hubungan dan kerja sama yang baik di bidang militer antara Indonesia dan Jepang khususnya di wilayah Papua," ujar Dubes Jepang.

Sedangkan tujuan lain kunjungan ke Papua, menurut Dubes Jepang Ishii Masafumi, untuk mempererat hubungan baik dengan pemerintah daerah setempat.

"Saya ke sini juga bertujuan untuk menanyakan masalah transportasi di Papua khususnya untuk militer di darat, laut, dan udara, dan saya juga bertanya tentang tugas Kodam XVII/Cenderawasih di Papua ini," kata Dubes, seperti dikutip Kapendam XVII/Cenderawasih.

Lebih lanjut alasan terpenting bersama rombongan mengunjungi Papua, menurut Ishii Masafumi, untuk mengumpulkan tulang belulang tentara Jepang yang gugur di Papua setelah Perang Dunia II.

"Karena betapa pentingnya untuk mengembalikan tulang belulang tersebut ke Jepang, sebab ada keluarganya di Jepang yang menantikan tulang belulang tersebut, dan kalau memang diperbolehkan proses pencarian tersebut akan dimulai pada musim panas tahun ini," ujarnya lagi.
Baca juga: Bangkai pesawat Jepang ditemukan di Teluk Wondama

Dubes Jepang Ishii Masafumi menambahkan, ia meminta bantuan dari kodam untuk memberikan bantuan pengamanan dan perlindungan warga Jepang yang akan mencari tulang belulang tersebut.

Menanggapi permintaan serta pertanyaan tersebut, Kasdam XVII/Cenderawasih mewakili Pangdam Mayjen Herman Asaribab, menyampaikan terima kasih kepada Dubes Jepang yang sudah berkenan hadir ke Papua untuk mempererat kerja sama antara Indonesia dan Jepang, khususnya di wilayah Papua.

Sedangkan untuk masalah tugas di Kodam di Papua, menurut Kasdam Brigjen Irham, keberadaan Kodam XVII/Cenderawasih untuk membantu meningkatkan pelayanan masyarakat Papua agar hidup lebih sejahtera.

"Untuk membantu pengamanan dan memberikan perlindungan warga Jepang yang akan mencari tulang belulang warga Jepang yang gugur dan meninggal di wilayah Papua, kami dari Kodam siap membantu semaksimal mungkin dalam proses pencarian tersebut, namun tetap berpedoman pada norma dan aturan yang berlaku," ujarnya pula.
Baca juga: Jepang lanjutkan repatriasi kerangka tentaranya di Papua

Pewarta: Muhsidin
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Kominfo catat 686 berita hoaks COVID-19

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar