Jakarta (ANTARA) - Dua koridor layanan PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) mengalami rekayasa rute akibat terimbas genangan air karena hujan lebat di Jakarta sejak Sabtu (22/2).

Dalam keterangan tertulisnya, Kepala Divisi Sekretaris Korporasi dan Humas TransJakarta Nadia Disposanjoyo mengatakan dua layanan yang mengalami rekayasa rute itu adalah Koridor 2 Pulogadung-Harmoni dan Koridor 10 PGC 2- Tanjung Priok.

"Koridor 2 Pulogadung Harmoni, dilakukan modifikasi rute sebagai berikut, Pulogadung via jalur koridor 4 - halte Pasar Pulogadung - halte TU Gas - Matraman - masuk jalur koridor 5 - Halte Salemba Carolous - halte Atrium - RSPAD - Istiqlal - Juanda - Pecenongan - Harmoni," kata Nadia di Jakarta, Minggu.

Baca juga: Banjir genangi sejumlah wilayah di Jakarta akibat hujan deras

Sedangkan untuk rute sebaliknya yaitu Harmoni- Pulogadung halte yang dilalui adalah Monas- Balkot- Gambir 2- Gambir 1- Isitiqlal- lalu masuk koridor 5C Senen atas pelayanan Pal Putih- Kramat Sentiong-Salemba UI- Matraman masuk jalur koridor 4 hingga Pulogadung.

Halte Bermis, Pulomas, ASMI, Cempaka Timur, RSI, Cempaka Tengah, Pasar Cempaka, Rawa Selatan, Senen, Kwitang, dan Galur adalah halte- halte yang tidak dilalui oleh bus akibat adanya genangan di kawasan tersebut.

Untuk koridor kedua yang mengalami perubahan rute adalah koridor 10 PGC- Tanjung Priok dengan pengalihan melalui tol. Hal ini disebabkan oleh genangan air di sekitar Jalan Ahmad Yani.

Baca juga: Pemotor terjebak di jalan tol akibat arteri banjir

"Untuk sementara tidak melewati Halte Pulomas sampai dengan Halte Sunter Kelapa Gading," kata Nadia.

Selain layanan Bus Rapid Transit (BRT) yang mengalami modifikasi rute, berikut layanan non BRT yang juga terimbas oleh genangan air yaitu layanan 2B Pasar Modern-ASMI dan 2F Rusun Cakung Barat - Pulogadung.
 

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2020