Jakarta (ANTARA) - Petenis unggulan pertama Simona Halep untuk ke-20 kalinya mencetak gelar juara di jenjang karier WTA melalui kemenangan di babak final kejuaraan Dubai Duty Free Tennis mengalahkan petenis Kazakhstan Elena Rybakina 3-6, 6-3, 7-6(5) Sabtu malam waktu setempat.

"Rasanya luar biasa bahwa saya bisa memenangkannya dan bisa bertarung sampai akhir melawan Rybakina. Dia menguasai bola, itu sangat sulit secara mental karena tekanannya sangat tinggi. Tapi aku sangat ingin juara, jadi itu sebabnya aku berjuang sampai akhir," kata Halep yang dilansir dalam laman WTA Tennis, Minggu.

Petenis peringkat dua dunia asal Rumania ini meraih gelar pertamanya di musim ini dalam 318 minggu berturut-turut di peringkat 10 besar, sebuah catatan peringkat terpanjang dalam sejarah WTA.

Baca juga: Halep taklukkan Bouchard sebagai kemenangan ke-200

Kemenangannya di final Dubai juga menjadi ajang penebusan dari pertemuan sebelumnya dengan Rybakina, saat dia dikalahkan di set pertama Wuhan Open 2019 karena cedera punggung.

"Gelar ini sangat istimewa, di tahun 2020, turnamen Dubai ke-20 tahun, dan gelarku yang ke-20. Ini sangat istimewa, aku hanya ingin menikmatinya. Ini sangat indah," tutur Halep memaknai kemenangannya.

Menurut Halep, perjuangannya menghadapi Rybakina di babak final Dubai terbilang tak mudah. Sempat tertinggal di set pertama, petenis 28 tahun ini juga mengakui pertahanan yang dibuat lawannya cukup kuat.

"Dia kuat, jangkauan servisnya besar, dia tinggi dan punya kekuatan. Saya kira dia pantas untuk masuk (peringkat) 10 besar dalam waktu dekat," katanya.

Baca juga: Garcia awali turnamen Dubai dengan kemenangan atas Pavlyuchenkova

"Gerakannya sangat baik, meski pun dengan posturnya yang tinggi. Tembakannya, umpan silangnya begitu luar biasa. Dia berada di tingkat kepercayaan diri tertinggi," Halep menuturkan, setelah menjalani laga selama dua setengah jam

Dengan gelar ke-20, Halep menyamakan kedudukan dengan Victoria Azarenka yang ada di urutan keenam dalam daftar pemenang gelar aktif. Posisi kelima Petra Kvitova 27 gelar, keempat Maria Sharapova 36 gelar, ketiga Kim Clijsters dengan 41 gelar, kedua Venus Williams 49 gelar, dan pertama Serena Williams dengan 73 gelar.

Baca juga: Muguruza berjuang atasi Halep demi tiket final Australia Open

Baca juga: Bungkam Kontaveit, Halep mulus ke semifinal Australia Open


"Saya sudah mendapat hasil yang beragam dalam enam hingga tujuh tahun. Saya di peringkat lima besar, 10 besar, yang tidak mudah. Saya bangga dengan perjuangan yang sudah dilalui, juga turnamen ini memberikan kepercayaan diri bahwa saya masih bisa berjuang," pungkas Halep.

Pewarta: Roy Rosa Bachtiar
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2020