Jakarta (ANTARA) - Grup idola K-pop Bangtan Sonyeondan (BTS) meluncurkan album studio keempatnya, "Map of the Soul: 7" pada Jumat (21/1), yang mereflesikan tujuh tahun kebersamaan mereka di industri musik.

Lagu utama "ON", seperti dilansir the Korea Herald, memiliki salah satu bagian lirik yang artinya, “Di mana tempatku membuka mata ini? Mungkin Seoul atau New York atau Paris. "

Lagu ini memiliki dua versi yakni versi BTS sendiri dan satunya lagi versi digital yang dibawakan bersama Sia, bintang pop Australia.

BTS juga bekerja sama dengan penyanyi dan penulis lagu Australia Troye Sivan dan DJ Swivel, yang masing-masing berkontribusi pada lagu "Louder Than Bombs" dan "Moon," dan "We Are Bulletproof: The Eternal," yang merupakan sekuel dari album debut mereka, "We Are Bulletproof Pt. 2".

Baca juga: J-Hope BTS refleksikan hidup lewat "Ego"

Baca juga: BTS rilis trailer "Shadow" pembuka album "Map of the Soul: 7"


"Map of the Soul: 7" memiliki daftar lagu terbanyak ketimbang album BTS lainnya. Album ini terdiri dari 15 lagu baru termasuk 10 lagu solo dan subunit, ditambah lima lagu dari rekaman sebelumnya.

Dalam siaran langsungnya, salah satu personel, Jin mengaku senang bisa merayakan tujuh tahun kebersamaan dengan grupnya.

Sementara itu, Jimin sempat membahas lagu duetnya bersama V, "Friends".

"Ada bit tanpa suara di lagu karena kami tidak punya melodi untuk itu. Karena kami merekam pada waktu yang berbeda setiap hari, kami meninggalkan pesan suara di sana untuk diperiksa satu sama lain pada hari berikutnya, ”kata Jimin.

Baca juga: Samsung gandeng BTS promosikan Galaxy terbaru

Baca juga: Jumlah "pre-order" album "Map of the Soul:7" BTS capai 4 juta unit

 

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2020