Liga Belanda

Dua gol penalti Teun Koopmeiners bawa AZ lumat PEC Zwolle

Dua gol penalti Teun Koopmeiners bawa AZ lumat PEC Zwolle

Pemain belakang AZ Alkmaar Teun Koopmeiners saat melakukan eksekusi penalti ke gawang PEC Zwolle dalam laga pekan ke-24 Liga Belanda di Stadion AFAS, Minggu malam WIB. (ANTARA/Twitter/AZ Alkmaar)

Jakarta (ANTARA) - Teun Koopmeiners mencetak dua gol lewat titik putih untuk membawa AZ Alkmaar melumat PEC Zwolle 2-0 dalam laga pekan ke-24 Liga Belanda yang berlangsung di Stadion AFAS pada Minggu malam WIB.

Kemenangan ini membuat AZ (50 poin) terus menempel sang pemuncak klasemen, Ajax, yang kini terpaut tiga poin. Namun Ajax bisa kembali memperlebar jarak jika menang saat bertandang ke markas Heracles Almelo dalam laga yang lebih larut.

Baca juga: Kalah dari Twente, AZ gagal samai poin Ajax

Sementara bagi PEC Zwolle, kekalahan ini membuat mereka tertahan di bibir zona degradasi atau posisi 16 dengan raihan 22 poin, demikian catatan resmi Liga Belanda.

AZ yang tak ingin kehilangan poin sia-sia, langsung membongkar pertahanan Zwolle sejak sepak mula. Dua peluang tercipta lewat Hakon Evjen dalam rentang waktu tiga menit.

Sementara Zwolle hanya menunggu hingga mendapatkan kesempatan untuk melakukan serangan balik. Rapatnya barisan belakang Zwolle ini membuat AZ sulit untuk mengobrak-abrik. Hingga turun minum skor 0-0 tetap bertahan.

Baca juga: Tumbangkan Heerenveen, AZ Alkmaar jaga jarak dari Ajax

Gol yang ditunggu-tunggu publik AFAS tercipta kala memasuki menit ke-54. Berawal dari aksi Owen Wijnal yang membuka ruang, bek Zwolle Thomas Lam dianggap menarik tangan Wijnal sehingga terjatuh. Teun Koopmeiners yang mengambil bola tak menyia-nyiakan peluang emas tersebut.

Hanya berjarak enam menit, AZ kembali mendapat peluang emas dari titik putih. Aksi Kevin Stengs yang menusuk ke dalam kotak penalti dijegal bek Kenneth Paal.

Teun Koopmeiners yang kembali maju sebagai eksekutor, mencatatkan namanya di papan skor untuk membawa AZ unggul 2-0. Di sisa waktu pertandingan, AZ terus menggempur lawannya, namun hingga usai skor 2-0 tetap tak berubah.

Baca juga: Ajax, AZ dan PSV melenggang ke 16 besar Piala Belanda

Baca juga: Ajax terpeleset di kandang Groningen


Berikut susunan pemain:
AZ Alkmaar (4-3-3): Marco Bizot; Jonas Svensson, Ramon Leeuwin, Teun Koopmeiners, Owen Wijnal; Fredrik Midtsjo (Zakaria Aboukhlal), Jordy Clasie, Hakon Evjen (Dani de Wit); Oussama Idrisi, Myron Boadu, Calvin Stengs.
Pelatih: Arne Slot

PEC Zwolle (5-3-2): Michael Zetterer; Kenneth Paal, Thomas Lam, Sam Kersten, Nakayama, Bram van Polen; Pelle Clement, Rico Strieder (Dean Huiberts), Gustavo Hamer; Lennant Thy (Dennis Johnsen), Mike van Duinen (Ghoochannejhad).
Pelatih: John Stegeman

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar