Jakarta (ANTARA) - Pierre-Emerick Aubameyang mengemas dwigol yang bukan saja memenangkan Arsenal dengan skor 3-2 atas Everton dalam laga pekan ke-27 Liga Inggris di Stadion Emirates, London, Minggu waktu setempat (Senin WIB), tetapi juga menyalip tamunya itu di klasemen sementara.

Tambahan tiga poin membuat Arsenal kini mengoleksi 37 poin dan naik ke urutan kesembilan klasemen dengan melompati Everton (36) yang kini turun ke posisi ke-11, demikian catatan laman resmi Liga Inggris.

Baca juga: Aubameyang membuat Arteta girang

Baca juga: Aubameyang akan berusaha keras antarkan Arsenal ke puncak


Everton sebetulnya memulai pertandingan dengan cara terbaik yakni membuka keunggulan pada menit pertama ketika barisan pertahanan Arsenal gagal mengantisipasi tendangan bebas Gylfi Sigurdsson.

Dominic Calvert-Lewin bereaksi cepat menyambut bola di dalam kotak penalti Arsenal dengan tendangan akrobatik untuk memperdaya kiper Bernd Leno. Everton unggul 1-0 saat pertandingan belum genap berjalan semenit.

Gol itu seolah menjanjikan kemenangan tandang perdana Everton kontra Arsenal sejak Januari 1996 dan harapan itu membesar sebab mereka terus menekan tuan rumah bahkan hampir menggandakan keunggulan jika saja Alex Iwobi sukses menyelesaikan umpan Richarlison, tetapi tembakannya melenceng tipis di atas mistar gawang bekas timnya itu.

Keadaan tertinggal tampak kian memburuk bagi Arsenal sebab Sead Kolasinac harus menepi lebih awal karena cedera lengan dan digantikan oleh Bukayo Saka pada menit ke-18.

Namun, nasib Arsenal sesudah itu justru berubah sebab Saka mengirimkan sebuah umpan silang cantik ke dalam kotak penalti yang disambut tendangan voli Edward Nketiah demi menyamakan kedudukan pada menit ke-27.

Baca juga: Arsene Wenger tidak rela rekor "Invicible-nya" disamai Liverpool

Baca juga: Tottenham bangkit di kandang Villa, Arsenal berjaya di Emirates


Enam menit kemudian Arsenal berbalik memimpin 2-1 atas Everton saat umpan terobosan David Luiz bisa dikendalikan oleh Aubameyang sebelum diselesaikan dengan tembakan melengkung ke pojokan tiang jauh tak terjangkau kiper Jordan Pickford.

Kedua tim turun minum dalam kedudukan imbang 2-2 berkat gol Richarlison yang memanfaatkan situasi sepak pojok pada menit keempat injury time babak pertama.

Setelah gagal memulai babak pertama dengan baik, Arsenal sukses mengawali paruh kedua dengan cara sempurna untuk kembali mengungguli Everton 3-2 lewat gol kedua Aubameyang.

Selanjutnya babak kedua

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2020