MotoGP

Hari kedua tes Qatar, Yamaha fokus temukan race setup yang tepat

Hari kedua tes Qatar, Yamaha fokus temukan race setup yang tepat

Pebalap tim Monster Energy Yamaha Valentino Rossi menjalani tes pramusim di Sirkuit Losail, Qatar, Minggu (23/2/2020) (ANTARA/HO-Yamaha Motor Racing Srl)

Kami mencoba memahami motor ini dan juga ban
Jakarta (ANTARA) - Yamaha memanfaatkan hari kedua tes pramusim MotoGP di Qatar, Minggu, untuk fokus menemukan setup balapan yang tepat jelang seri perdana yang digelar di Sirkuit Losail pada 8 Maret nanti.

Duet pebalap tim Monster Energy Yamaha MotoGP Maverick Viñales dan Valentino Rossi menyelesaikan hari kedua tes di peringkat ketiga dan kesembilan.

Baca juga: Quartararo bawa Yamaha puncaki hari kedua tes pramusim di Qatar

Baca juga: Rossi komentari performa Yamaha M1 2020 di hari pertama tes Qatar


Viñales menghabiskan sebagian besar hari itu untuk menemukan setelah yang cocok dari motor YZR-M1 dan mencoba mempelajari ban baru dari Michelin.

Sang pebalap asal Spanyol itu menyelesaikan 68 putaran dengan waktu terbaik 1:54,264 terpaut 0,226 detik dari pemuncak sesi hari itu, Fabio Quartararo dari tim satelit Petronas Yamaha SRT.

"Kami melakukan hal yang serupa dari kemarin. Kami mencoba memahami motor ini dan juga ban," kata Viñales seperti dikutip laman resmi tim.

"Kami membuat kemajuan bagus, tapi masih ada ruang untuk memperbaiki diri. Aku sangat percaya diri tapi membutuhkan lap yang lebih banyak di trek.

Baca juga: Cedera bahu belum pulih, Marquez lebih kewalahan di Qatar

Baca juga: Ducati diam-diam bawa inovasi baru di tes Qatar


Rossi juga menjajal ban baru Michelin untuk mempelajari bagaimana ia bekerja ketika dipakai di balapan.

Sang juara dunia sembilan kali asal Italia itu mencoba sejumlah modifikasi seting untuk menemukan setelah yang pas untuk digunakan di hari ketiga tes.

Rossi menyelesaikan 52 putaran dengan waktu terbaik 1:54,740 detik, terpaut 0,702 dari Quartararo.

"Hari ini lebih sulit dibanding kemarin karena aku mencoba sesuatu untuk memperbaiki sejumlah area seperti pengereman. Sayangnya kami mengorbankan hal lainnya," kata Rossi.

"Kemarin juga kelihatannya ban bisa bertahan di sepanjang jarak balapan, tapi hari ini kami mengalami kendala, jadi ini hari yang lebih sulit bagiku.

"Besok hari yang penting karena menjadi hari terakhir tes musim dingin, jadi kami harus merangkumnya. Aku rasa kami melakukan tugas dengan baik, kami mencoba segalanya, jadi kita lihat besok," pungkas Rossi.

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Menko Marves minta profesional sebagai pengawas Sirkuit MotoGP

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar