Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan hujan dengan intensitas lebat yang disertai angin kencang dan petir akan mengguyur seluruh wilayah Jakarta pada Senin malam.

Hujan lebat yang disertai angin kencang itu diperkirakan akan berlangsung dari Senin malam hingga Selasa dini hari.

"Waspada potensi hujan disertai kilat atau petir dan angin kencang dengan durasi singkat di wilayah Jakarta Utara, Jakarta Barat, Jakarta Selatan dan Jakarta Timur pada malam menjelang dini hari," demikian dilansir dari laman bmkg.go.id.

Sedangkan pada Senin siang, BMKG memperkirakan hujan lokal di wilayah Jakarta Selatan dan Jakarta Timur, sedangkan cuaca berawan di wilayah Jakarta lainnya.

Baca juga: Kemarin, banjir kembali genangi Jakarta hingga undian Simpeda
Baca juga: Alat terapi kanker canggih RSCM ada di ruang radioterapi yang terendam
Kondisi ruang radiologi di RSCM pascagenangan surut, Minggu (23/2/2020). (ANTARA/Livia Kristianti)
Untuk suhu rata-rata selama hujan mengguyur Jakarta diperkirakan berada di kisaran 24-29 derajat Celcius dengan kelembapan di antara 75-100 persen.

Hujan deras yang mengguyur Jakarta pada Senin dini hari hingga Senin pagi telah menyebabkan banjir di sejumlah titik dan menggenangi sejumlah jalan hingga tidak bisa dilalui kendaraan.

Pada Ahad (23/2), sejumlah pengendara motor bahkan terpaksa melintasi Tol Cempaka Putih lantaran ketinggian air yang menggenangi kawasan Cempaka Putih tidak mungkin dilalui kendaraan roda dua.

Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) turut terdampak banjir di dua tempat, yaitu Gedung A sebagai ruang rawat inap dan Gedung Tiara. Ada tiga ruangan yang tergenang  yaitu Departemen Radiologi, Departemen Radiotherapy dan Departemen Penyakit Dalam.

Baca juga: Dua gedung di RSCM juga tergenang dampak hujan lebat semalam
Baca juga: Perumahan Pulomas terendam banjir satu meter
Sejumlah pengendara motor menerobos banjir di Pulogadung, Jakarta Timur, Minggu (23/2/2020). Curah hujan yang tinggi dan drainase yang buruk membuat daerah tersebut terendam banjir. ANTARA FOTO/Fakhri Hermansyah/wsj.
Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menyambangi RSCM untuk mengecek kondisi genangan yang terjadi sejak dini hari.

Dalam kunjungannya Terawan mengecek ruang Radiologi yang paling terdampak genangan di RSCM. Dia didampingi oleh Kepala Dinas Kesehatan DKI Widyastuti, Kepala Dinas Gulkarmat DKI Satriadi Gunawan dan Direktur Pengembangan dan Pemasaran RSCM Ratna.

Genangan yang berada di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo berhasil ditangani oleh Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan DKI Jakarta yang mengerakan pompa untuk menyedot air di Departemen Radiologi pada pukul 14.00 WIB.

Pewarta: Fianda Sjofjan Rassat
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2020