Setiap inovasi yang kita lakukan tetap mengedepankan prinsip kehati-hatian agar semua berjalan dengan aman
Jakarta (ANTARA) - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. membekali tenaga pemasar mikronya atau disebut Mantri BRI dengan fitur terbaru BRISPOT Cash Pick Up Transaction yang  memungkinkan penjemputan bola setoran pinjaman dan simpanan nasabah.

"Khususnya, mereka yang memiliki aktivitas usaha yang sangat padat dan tidak dapat meninggalkan tempat usahanya," kata Corporate Secretary Bank BRI Amam Sukriyanto dalam keterangannya di Jakarta, Senin.

Baca juga: BRI targetkan pertumbuhan kredit hingga 12 persen pada 2020

Amam menjelaskan aplikasi yang diluncurkan dan diimplementasikan sejak 2018 ini, mengandalkan fleksibillitas Mantri BRI dalam melakukan fungsi pemasarannya.

Selain proses kredit, kini BRISPOT dapat membantu Mantri BRI menghimpun setoran pinjaman dan simpanan nasabahnya sekaligus melaporkan secara realtime online, kata Amam.

BRISPOT merupakan inovasi digital Bank BRI untuk membuat proses kredit mikro lebih cepat, efisien, paperless dan digital base.

Selain kecepatan business process, aplikasi ini dibekali dengan sistem mitigasi risiko yang andal sehingga tetap menjaga kualitas kredit.

Hingga 2019, kata Amam, BRISPOT telah dipakai untuk memproses pinjaman mikro sebanyak 12,1 juta debitur dengan plafon pinjaman mencapai Rp383 triliun.

"Salah satu hasil implementasi BRISPOT dapat kita lihat dari penyaluran kredit mikro BRI pada 2019 lalu tumbuh double digit di angka 12,19 persen. Pertumbuhan segmen mikro menjadi salah satu penyokong utama kinerja BRI di tahun kemarin," kata Amam.

Ia mengatakan, BRI akan terus mengembangkan fitur-fitur baru dalam aplikasi BRISPOT.

"Tentunya, setiap inovasi yang kita lakukan tetap mengedepankan prinsip kehati-hatian agar semua berjalan dengan aman, " katanya.

Baca juga: BRI bagikan dividen Rp20,6 triliun
Baca juga: BRI fokus garap segmentasi kredit ultra mikro pada 2020

Pewarta: Ahmad Buchori
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2020