Jakarta (ANTARA) - Sakit kepala bisa menjadi sangat menyakitkan sehingga mempersulit aktivitas sehari – hari anda, dan pada umumnya diderita akibat tekanan darah tinggi, sinusitis dan migrain. Namun, segala jenis sakit kepala bisa jadi berasal dari makanan yang Anda konsumsi.

Berikut ini adalah jenis-jenis makanan yang dapat memicu sakit kepala, seperti dilansir dari Boldsky.

1. Kopi
Kopi adalah minuman yang sangat populer dan dinikmati oleh banyak orang di seluruh dunia. Konsumsi kopi berlebih dapat meningkatkan kemungkinan sakit kepala migrain pada beberapa orang. Namun, mengurangi konsumsi kopi dapat mengurangi kemungkinan sakit kepala migrain.

2. Cokelat
Cokelat, terutama jenis yang memiliki kandungan kakao rendah dapat memicu sakit kepala migrain pada beberapa orang karena adanya bahan kimia tyramine dan kafein.

3. Alkohol
Alkohol adalah minuman pemicu rasa sakit kepala yang telah menyerang banyak orang. Minum alkohol berlebihan dapat menyebabkan dehidrasi dan meningkatkan aliran darah ke otak, yang dapat memicu sakit kepala Anda.

4. Pemanis buatan
Pemanis buatan seperti sakarin, acesulfame, aspartame, neotame, dan sucralose adalah pengganti gula yang dapat memicu sakit kepala bagi beberapa orang. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa aspartame dapat memicu sakit kepala pada beberapa orang.

5. Keju tua
Keju lama mengandung tyramine, zat kimia yang terbentuk sebagai akibat dari pemecahan protein dalam keju. Keju tua seperti keju feta, keju parmesan dan keju biru memiliki lebih banyak tyramine yang dapat menyebabkan sakit kepala.

6. MSG
Monosodium glutamat (MSG) adalah zat aditif makanan yang ditemukan dalam makanan tertentu seperti kecap, saus tomat dan daging olahan. Menurut American Migraine Foundation, MSG menjadi penyebab migrain akut pada 10 hingga 15 persen penderita migrain.

7. Es krim
Sifat dingin yang ekstrim pada es krim dapat memicu sakit kepala, akibat stimulasi saraf pengontrol aliran darah ke kepala yang kemudian menyebabkan pembengkakan pembuluh darah di kepala.

8. Daging olahan
Daging olahan seperti sosis, bacon dan ham mengandung nitrit yang dapat memicu migrain pada beberapa orang.

9. Makanan beku dan asin
Makanan beku dan asin seperti sayuran beku, kacang campuran dan mi instan dapat menyebabkan sakit kepala karena kandungan bahan pengawet di dalamnya.

10. Kacang
Kacang-kacangan juga dapat menyebabkan sakit kepala pada beberapa orang karena kandungan tyramine di dalamnya.


Baca juga: Ini beda migrain dan sakit kepala biasa

Baca juga: Waspada kanker paru jika alami batuk hingga sakit kepala

Baca juga: Hati-hati, perangkat nirkabel bisa sebabkan sakit kepala hingga kanker

Penerjemah: Maria Rosari dan Dara Tanjung Maharani
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2020