Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum KONI Marciano Norman mengatakan tugas pengurus PSSI periode 2019-2023 sangat berat karena dua alasan, yaitu tingginya harapan masyarakat dan persiapan Piala Dunia U-20 2021.

"Saya memandang PSSI memiliki tugas yang sangat berat. Masyarakat memiliki harapan besar akan prestasi sepak bola yang semakin baik. Kemudian, jangan lupa, pada tahun 2021 kita menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20," ujar Marciano usai melantik pengurus PSSI masa bakti 2019-2023 di Kantor KONI Pusat, Jakarta, Senin.

Menurut pensiunan TNI AD berpangkat akhir Letnan Jenderal itu, PSSI mau tidak mau mesti bekerja keras untuk mewujudkan dua hal tersebut.

Baca juga: Divisi Suporter PSSI berharap klub-klub memiliki departemen fan

Marciano berharap seluruh masyarakat mendukung penuh PSSI agar bisa memberikan yang terbaik untuk sepak bola Indonesia dan tim nasional di Piala Dunia U-20 tahun 2021.

"Mari kita bersatu mendukung PSSI agar dapat memberikan yang terbaik untuk bangsa Indonesia dan pada tahun 2021 kita tidak hanya jadi tuan rumah, tetapi prestasi tim sepak bola Indonesia dapat menjadi kebanggaan kita semua," tutur Kepala Badan Intelijen Negara tahun 2011-2015 itu.

Sementara Ketua Umum PSSI Komjen Pol Mochamad Iriawan menyebut bahwa pihaknya akan terus berkoordinasi dengan semua pihak terkait, terutama KONI dan Kemenpora untuk Piala Dunia U-20 tahun 2021.

Baca juga: Menpora tunggu Liga 1 yang tak lagi molor

PSSI, lanjut pria yang akrab disapa Iwan Bule itu, selalu membutuhkan arahan untuk menyukseskan Piala Dunia U-20.

"Semua dukungan menjadi kekuatan bagi kami memacu kemajuan sepak bola Indonesia," tutur Iriawan.

Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) resmi melantik pengurus Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) periode 2019-2023 yang diketuai oleh Komjen Pol Mochamad Iriawan.

Iriawan mengatakan yang dilantik adalah jajaran Komite Eksekutif (Exco) dan Badan Yudisial, yakni Komite Disiplin, Banding dan Etik.

Baca juga: PSSI ajukan anggaran hingga Rp170 miliar untuk timnas U-20

Untuk susunan Komite Tetap PSSI, seperti Komite Keuangan, Kompetisi, Pengembangan Usia Muda, Hukum, dan Media akan diumumkan kemudian.

"Yang dilantik hari ini adalah Exco dan Yudisial. Komite Tetap, kan, nanti dari Exco. Nama-namanya sudah ada, sudah disusun juga berikut bagian-bagian di bawahnya," ujar Iriawan.

Baca juga: Satgas Antimafia Bola gelar rapat dengan PSSI jamin netralitas Liga I

Berikut daftar Pengurus PSSI periode 2019-2023 yang dilantik KONI pada Senin (24/2).

Komite Eksekutif PSSI
1. Ketua Umum: Mochamad Iriawan
2. Wakil Ketua Umum: Cucu Somantri, Iwan Budianto
3. Anggota: Yunus Nusi, Ahmad Riyadh, Juni A. Rachman, Sonhadji, Hasani Abdulghani, Vivin Cahyani, Endri Erawan, Pieter Tanuri, A.S Sukawijaya, Dirk Soplanit, Haruna Soemitro, Hasnuryadi Sulaiman.

Komite Disiplin
Ketua: Erwin TPL Tobing
Wakil Ketua: Eko Hendro
Anggota: Kairul Anwar, Umar Husein, Aji Ridwan Mas

Komite Banding
Ketua: Triana Dewi Seroja
Wakil ketua: Isaac Marcus
Anggota: I Gde Pasek

Komite Etik
Ketua: Bambang Usadi
Wakil Ketua: Markoni
Anggota : Ali Mukartonop.

Baca juga: Kemenpora pastikan kepanitiaan Piala Dunia U-20 bernama INAFOC

Baca juga: Piala Dunia U-20 membuka jalan Indonesia menuju sepak bola global

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2020