Malang gencarkan penanaman vetiver untuk cegah longsor

Malang gencarkan penanaman vetiver untuk cegah longsor

Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko, Kepala Polresta Malang Kota Kombes Leonardus Simarmata, dan Komandan Kodim 0833 Kota Malang Tommy Anderson memulai gerakan tanam rumput vetiter untuk mencegah tanah longsor di Kota Malang pada Senin (24/2/2020). (ANTARA/HO PEMKOT MALANG)

Malang, Jawa Timur (ANTARA) - Pemerintah Kota Malang pada Senin menggelar apel kesiapan penanaman rumput vetiver dalam upaya menggencarkan kegiatan penanaman rumput vetiver untuk mencegah tanah longsor.

Penanaman rumput vetiver dimulai di wilayah Kelurahan Pisang Candi, Kecamatan Suku, Kota Malang, setelah apel yang dipimpin oleh Wakil Wali Kota Malang Sofyan Edi Jarwoko dan dihadiri pejabat seperti Kepala Polresta Malang Kota Kombes Leonardus Simarmata dan Komandan Kodim 0833 Kota Malang Tommy Anderson.

Wakil Wali Kota ingin kegiatan penanaman rumput vetiver dilakukan secara konsisten di seluruh wilayah Kota Malang, terutama di daerah rawan longsor dan daerah aliran sungai.

"Ke depan saya berharap agar rumput vetiver juga dapat kita tanam di wilayah Supiturang agar dapat mencegah terjadinya longsor. Lahannya sudah ada, tinggal kita persiapkan bibitnya," katanya.
​​​​​​​
Ia mengatakan, penanaman vetiver di kawasan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Supiturang juga diharapkan bisa meredam pencemaran.

"Mesti ditata dulu, pematangan lahan, harus ada pengurukan tanah, kemudian proses pembibitan rumput. Semoga dalam waktu yang pendek ini kita bisa mempersiapkan itu semua, sehingga kita bisa tanam di sini," katanya.

Wakil Wali Kota juga meninjau TPA Supiturang dan daerah longsor di Kelurahan Mulyorejo dalam rangkaian kegiatan untuk menggerakkan penanaman rumput vetiver.

"Kami akan terus berkomitmen untuk menyukseskan gerakan tanam rumput vetiver ini agar dapat mencegah terjadinya tanah longsor, khususnya di kawasan yang rawan, seperti DAS dan TPA Supiturang," katanya.

Baca juga:
BNPB tanam vetiver di Taman Nasional Gunung Halimun
Kabupaten Gowa tanam puluhan ribu bibit vetiver untuk cegah longsor

Pewarta: Endang Sukarelawati
Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA 2020

BPBD Sumsel tanam rumput vetiver cegah tanah longsor dan banjir

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar