Jakarta (ANTARA) - Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri mengakui, dirinya ditawari posisi direktur teknik oleh PSSI sejak dia masih menjadi pelatih tim nasional U-22 di SEA Games 2019.

“Jadi setelah SEA Games, bahkan ketika SEA Games, Pak Ketua Umum PSSI sudah menawarkan saya di posisi itu. Akan tetapi, saya baru meng-oke-kan setelah SEA Games,” ujar Indra di Jakarta, Senin.

Akan tetapi, setelah menyumbangkan medali perak SEA Games 2019, Indra tidak langsung menjadi direktur teknik PSSI.

Pria yang membawa Indonesia juara Piala AFF U-19 2013 dan Piala AFF U-22 tahun 2019 tersebut sempat menjadi asisten dari manajer pelatih tim nasional Indonesia Shin Tae-Yong selama sekitar satu bulan.

Baca juga: Indra Sjafri jabat direktur teknik PSSI gantikan Danurwindo

“Ketika selesai SEA Games, PSSI kan sudah mengontrak pelatih luar negeri. Jadi agar ada transfer ilmu dari pelatih asing ke Indonesia, PSSI membutuhkan orang-orang untuk itu. Kemudian kami rekomendasikan pelatih Nova Arianto, Alex (Alex Aldha Yudi) dan Sahari Gultom. Setelah itu, saya juga diminta karena bagaimana pun pelatih asing membutuhkan informasi timnas selama ini. Saya, kan, sudah di timnas sejak 2011, jadi saya sudah banyak memberikan informasi kepada pelatih Shin soal pemain dan sebagainya,” tutur Indra.

Namun, dalam prosesnya, PSSI ternyata membutuhkan Indra di posisi direktur teknik. Pria asal Sumatera Barat itu diumumkan sebagai direktur teknik PSSI pada Selasa (18/2).

Dirinya menggantikan posisi Danurwindo yang dianggap tidak lagi dapat mengikuti ritme kerja seiring menuanya usia.

“Ini menjadi proses tambahan bagi saya untuk bisa memahami sepak bola secara utuh. Setelah lama di lapangan, saya pikir ini pekerjaan yang sangat menantang dan saya suka,” kata Indra.

Pernyataan itu sekaligus menjadi bantahan Indra Sjafri terhadap kabar beredar yang menyebut bahwa dirinya digeser ke direktur teknik karena berselisih paham dengan Shin Tae-Yong.

“Tidak usah diperdebatkan lagi. Saya tidak pernah berselisih dengan pelatih Shin. Biarkan Shin bekerja dengan nyaman dan tenang. Mudah-mudahan apa yang ditargetkan PSSI bisa tercapai dan saya dukung 1.000 persen,” ujar dia.

Baca juga: BUMN Riau hadirkan Indra Sjafri saat klinik kepelatihan
Baca juga: Indra Sjafri akui belum terima tawaran latih klub atau timnas


Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2020