Sejumlah wilayah Jakarta Selatan tergenang air

Sejumlah wilayah Jakarta Selatan tergenang air

Air menggenangi pemukiman warga di wilayah Bintaro, Pesanggrahan, Jakarta Selatan, Selasa pagi (25/2/2020). ANTARA/HO-PMI Jakarta Selatan

Jakarta (ANTARA) - Hujan yang mengguyur Jakarta dan sekitar mulai Senin (24/2) malam hingga Selasa pagi menimbulkan genagan air di sejumlah kawasan di Jakarta Selatan.

Laman Twitter @TMCPoldaMetro membagikan unggahan sejumlah wilayah Jakarta Selatan yang tergenang banjir dengan ketinggian bervariasi.

Genangan setinggi 80 sentimeter terjadi di Aspol Pondok Karya, Mampang Prapatan. Selanjutnya di kawasan Poncol Gang I, Kuningan Barat, ketinggian 30-50 cm.

Kepala Suku Dinas Perhubungan Kota Jakarta Selatan, Budi Setiawan, menginformasikan genangan air yang menutupi ruas jalan terjadi di Jalan Kemang IX, Kelurahan Bangka. "Jalan Kemang IX tergenang air ketinggian 40 sampai dengan 50 cm," kata dia.

Baca juga: Sebagian Jakarta dikepung banjir

Ia mengatakan hingga kini mereka masih menunggu laporan dari sejumlah petugas Operasional Sudin Perhubungan yang ada di kelurahan dan kecamatan untuk melaporkan kondisi genangan di wilayah masing-masing.

Sementara itu berdasarkan pantauan dari relawan PMI Jakarta Selatan, genangan banjir telah merendam sejumlah pemukiman warga dengan ketinggian antara 50 hingga 100 cm.

Baca juga: Empat pintu air di Jakarta siaga dua

Humas PMI Jakarta Selatan Dedet Mulyadi menginformasikan sejumlah wilayah yang terpantau banjir yakni Kelurahan Pengadegan, Bukit Duri dekat SMA Negeri 8, Bintaro, Bangka, Rawajati, Kemang Selatan, dan Jatipadang.

"Sudah mulai banyak, di Pengadegan pengungsi sudah mulai bertambah di Rusunawa," kata Dedet.

Kepala Koordinator UPK Badan Air Manggarai, Prasetyo, menginformasikan ketinggian muka air Sungai Ciliwung di Pintu Air Manggarai berstatus siaga satu banjir atau setinggi 950 cm. "Sudah siaga satu, 950 cm, kenaikan kurang lebih pukul 04.00 WIB," kata dia.

Baca juga: 12 titik sungai Jakarta berpotensi banjir karena belum normalisasi

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Ade P Marboen
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Luapan Sungai Ciliwung rendam 17 wilayah RW

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar