Mataram bersiap jadi tuan rumah HUT Satpol PP tingkat nasional

Mataram bersiap jadi tuan rumah HUT Satpol PP tingkat nasional

Ilustrasi Satpol PP. (ANTARA)

Mataram (ANTARA) - Pemerintah Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, bersiap menjadi tuan rumah Hari Ulang Tahun (HUT) Satuan Polisi Pamong Praja ke-70 tingkat nasional yang akan dihadiri ribuan peserta perwakilan anggota Satpol PP se-Indonesia.

"Sampai saat ini, sekitar 2.000 orang sudah konfirmasi kehadiran, belum lagi beberapa hari ke depan. Hotel di Mataram sudah penuh, jadi peserta kita arahkan mengingap di Senggigi juga," kata Komandan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Mataram Bayu Pancapati di Mataram, Selasa.

Perayaan puncak HUT Satpol PP ke-70 akan berlangsung pada 1-3 Maret 2020, dengan kegiatan pada tanggal 1-2 Maret 2020, dilaksanakan rapat koordinasi nasional (Rakornas) di Hotel Lombok Raya.

Baca juga: Empat papan reklame di Cempaka Putih dicopot akibat telat bayar pajak
Baca juga: Satpol PP Kota Padang amankan tiga remaja mabuk
Baca juga: Pedagang liar di kawasan Malioboro akan langsung ditertibkan


Kemudian tanggal 3 digelar upacara puncak HUT Satpol PP ke-70 tingkat nasional di bekas Bandara Selaparang Rembiga dan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian bertindak langsung sebagai inspektur upacara.

"Pada Senin malam (2/3) digelar jamuan makan malam oleh Wali Kota Mataram H Ahyar Abduh beserta jajaran Pemerintah Kota Mataram, yang akan dihadiri Mendagri dan seluruh Kasatpol PP se-Indonesia," ujarnya.

Bayu mengatakan, Mataram terpilih menjadi tuan rumah Satpol PP ke-70 tingkat nasional setelah sebelumnya bersaing dengan Sulawesi Selatan yang menyatakan siap mendukung kegiatan ini.

Tetapi setelah tim melihat kondisi lokasi kegiatan di Mataram serta pertimbangan ketertarikan terhadap destinasi wisata di daerah ini, pemerintah akhirnya memutuskan Mataram menjadi tuan rumah.

"Dengan berbagai keterbatasan, kita menyatakan siap sebab ini menjadi peluang pertama kalinya kita jadi tuan rumah HUT Satpol PP tingkat nasional, dan kami yakin bisa memberikan dampak positif yang banyak bagi masyarakat," katanya.

Terkait dengan itu, kata Bayu, kesuksesan pelaksanaan rangkaian kegiatan HUT Satpol PP menjadi tanggung jawab bersama dan mari sama-sama menyiapkan diri untuk menyambut ribuan tamu yang akan datang ke Mataram.

"Jaga kebersihan, keamanan, begitu juga para pengusaha dan PKL harus jaga ketertiban untuk sama-sama menyambut ribuan tamu agar target tiga sukses bisa tercapai," katanya.

Tiga sukses yang dimaksudkan adalah, sukses pelaksanaan, sukses ekonomi dan sukses pencitraan.

Setelah menjadi tuan rumah HUT Satpol PP tingkat nasional, Kota Mataram juga akan menjadi tuan rumah Musyawarah Nasional V Asosiasi DPRD seluruh Indonesia (Adeksi) yang akan dibuka langsung oleh Wakil Presiden RI KH Ma'ruf Amin pada 10-13 Maret 2020.

"Jadi kita harus bersyukur setelah bencana gempa bumi, kembali dipercaya untuk menjadi tuan rumah berbagai kegiatan tingkat nasional," katanya.

Sementara untuk kegiatan internal HUT Satpol PP, tambah Bayu, telah dilaksanakan berbagai kegiatan seperti bersih pantai sebagai program zero waste, donor darah dan lainnya.

Baca juga: Untuk Munas V Adeksi, Kota Mataram-NTB siap jadi tuan rumah
Baca juga: Wapres tinjau rumah tahan gempa untuk korban bencana di Mataram

Pewarta: Nirkomala
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Sembuh COVID-19: di Sultra 15 orang, NTB 55 orang

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar