Kapal Kharg Iran kunjungi Jakarta rayakan 70 tahun hubungan diplomatik

Kapal Kharg Iran kunjungi Jakarta rayakan 70 tahun hubungan diplomatik

Kapal Kharg milik Republik Islam Iran mengunjungi Indonesia pada Selasa (25/2/2020), dalam rangka memperingati 70 tahun hubungan diplomatik kedua negara. (ANTARA/Dokumentasi Kedubes Iran)

Iran dan Indonesia memiliki peran yang begitu strategis dan penting untuk menjaga keamanan di barat dan timur Asia khususnya pada perairan kawasan masing-masing antara lain Selat Hormuz dan Selat Malaka
Jakarta (ANTARA) - Kapal Kharg milik Republik Islam Iran mengunjungi Indonesia, tepatnya ke Jakarta, sebagai bagian dari rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati 70 tahun hubungan diplomatik kedua negara yang jatuh pada tahun 2020.

“Salah satu agenda yang direncanakan oleh kedua pihak untuk menyambut 70 tahun hubungan diplomatik adalah kunjungan antara kapal kedua negara,” kata Atase Pertahanan Kedutaan Besar Republik Islam Iran, Kolonel Mohammad Behrouz, dalam pernyataan tertulis Kedubes Iran yang diterima di Jakarta, Selasa.

Menurut dia, kapal Kharg Iran berangkat dari pelabuhan Bandar Abbas Iran dan akan berada di Jakarta, tepatnya di pelabuhan Tanjung Priok, selama empat hari mulai tanggal 25 hingga 28 Februari.

Selain kunjungan kapal itu sendiri, sebanyak 300 mahasiswa Akademi Angkatan Laut Iran juga turut berkunjung dan mengikuti sejumlah aktivitas seperti olahraga bersama dengan mahasiswa Akademi AL Indonesia.

Selama kunjungan kapal tersebut, akan dilakukan pula pertemuan dengan pejabat TNI AL Indonesia, dan Open Ship, atau membuka kapal tersebut untuk dikunjungi.

Menurut Behrouz, Indonesia dan Iran melakukan  kerja sama di bidang pertahanan dan terdapat keinginan antara pejabat pertahanan kedua negara untuk memperluas kerja sama tersebut.

“Iran dan Indonesia memiliki peran yang begitu strategis dan penting untuk menjaga keamanan di barat dan timur Asia khususnya pada perairan kawasan masing-masing antara lain Selat Hormuz dan Selat Malaka,” kata dia.

Baca juga: KSAL Iran ingin tingkatkan kerja sama dengan TNI AL
Baca juga: Iran akan terus hadir di perairan internasional


Pewarta: Aria Cindyara
Editor: Mulyo Sunyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Ketika kapal perang Iran kali pertama singgah di Indonesia

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar